10/29/2019

Transaksi Jadi Lebih Mudah Dan Gampang Dengan QR Code


Di jaman yang canggih ini, sistem pembayaran digital sudah tidak lagi menggunakan kartu kredit ataupun debit untuk bertransaksi di tempat perbelanjaan. Saat ini sudah eranya pembayaraan menggunakan Quick Response (QR) payment di mana sistem terbaru ini lebih fleksibel, mudah penggunaannya, dan tentunya banyak dipilih oleh anak-anak muda milenial yang memilki gaya hidup dengan mobilitas tinggi.

QR payment merupakan sebuah sistem pembayaran yang menggunakan sebuah barcode atau QR Code yang discan setiap akan melakukan transaksi pembayaran. Umumnya, QR Code ini terpasang di smartphone dan membutuhkan koneksi internet untuk melakukan transaksi.


Di Indonesia, aplikasi pembayaran online yang mendukung QR Code ada beberapa macam namun yang umum digunakan oleh kaum milenial adalah Gopay, Ovo, Dana, dan LinkAja. Di setiap aplikasi memiliki QR Code-nya sendiri, sehingga untuk bertransaksi hanya bisa digunakan pada aplikasi yang sudah ditentukan, misalnya ada merchant yang hanya melayani pembayaran dengan Gopay dan Ovo.

Kalau saya sendiri hanya menggunakan aplikasi LinkAja dan Dana. Alasanku sederhana, LinkAja kupakai membayar jajanan di beberapa merchant makanan, sedangkan Dana kupakai untuk membayar transaksi ketika berbelanja di pusat perbelanjaan. Alasan lainnya karena dua aplikasi punya banyak cashback dan promo menarik jadinya betah buat dipakai transaksi di mana saja.


Seperti saat ini, saya sudah setahun tinggal di Yogyakarta, sepertinya hampir di setiap sudut kota Yogya mulai dari mall sampai merchant pinggir jalan sudah mendukung pembayaran online menggunakan QR Code. Bahkan di beberapa tempat malah ada juga loh warung ankringan yang menerima bayar QR via Gopay atau Ovo.

Apalagi saya tipe orang yang sering lupa bawa uang tunai kalau bepergian, jadinya dengan hadirnya pembayaran dengan QR Code ini sangat membantu. Selain penggunaannya yang mudah karena tinggal scan, pengisiian saldonya pun gampang dengan transfer bank.


Selain itu, ada juga keuntungan lainnya yang saya dapatkan dengan hadinrya QR Code, sekarang kalau transfer saldo dari aplikasi ke aplikasi lain sangat mudah banget. Tinggal tunjukkan QR Code kita ke smartphone teman dengan aplikasi yang sama, transfer saldo akan langsung terkirim tanpa biaya admin.

Dan ini juga membantu sekali dalam transaksi kerjaan. Biasanya ketika klien mau membayar saya kasih dua pilihan opsi yaitu transfer bank dan QR Code. Dan rata-rata dari semua klien saya, lebih banyak memilih menggunakan QR Code karena lebih simple dan cepat. Kalau untuk pencairannya sih, saya biasanya tukar langsung ke kantor layanan aplikasinya atau via transfer bank.

Buat kamu yang penasaran bagaimana sih cara menggunakan QR Code untuk transaksi pembayaran, caranya gampang banget. Umumnya di setiap aplikasi tombol dengan logo barcode, kamu tinggal tap kemudian muncul layar scan QR Code.

Lakukan scan deket dengan alat pembayaran atau logo barcode yang tersedia. Masukkan nominal pembayaran dan tap ok maka secara otomatis pembayaranmu sudah berhasil dilakukan.


Nah kalau kamu penasaran seperti apa QR Code-mu di aplikasi, untuk beberapa aplikasi mungkin berbeda caranya, tapi umumnya untuk ID QR-mu bisa dilihat pada menu ketika ingin melakukan scan. Contoh disini saya menggunakan aplikasi LinkAja dan Dana.


Buat kamu yang mau transaksi pakai QR Code, sekarang kamu gak usah khawatir lagi soalnya metode pembayaran ini sudah sah secara hukum dibawah pengawasan Bank Indonesia. Jadi kalau kamu mau belanja tanpa bawa dompet tidak lagi jadi masalah asalkan saldomu di aplikasi pembayaran online masih ada dan cukup. Yuk mari beralih menggunakan pembayara digital modern dengan QR Standar.