10/28/2019

7 Wisata Budaya Jogjakarta Yang Terkenal

7 Wisata Budaya Jogjakarta Yang Terkenal

Selama kurang lebih setahun tinggal di Jogjakarta, sudah banyak tempat yang saya kunjungi di sini mulai dari tempat wisata sampai tempat budaya. Bukan tanpa alasan sih, soalnya Jogja itu memang benar-benar istimewa buat setiap orang yang datang ke sini.

Dari budaya asli Jogja yang ada, ada 7 budaya Jogjakarta yang terpopuler baik di atau luar negeri. Kebudayaan ini jadi keunikan Jogja, unik serta antik hingga siapa saja yang lihat salah satunya produk budaya ini, akan tetap ingat Jogja.

Nah, buat Kamu yang ingin kenal lebih jauh mengenai Jogja, sebaiknya tahu macam budaya di tempat-tempat berikut ini:


1. Batik Jogja


7 Wisata Budaya Jogjakarta Yang Terkenal

Tanggal 2 Oktober diputuskan menjadi Hari Batik Nasional. Ini menunjukkan jika batik betul-betul jadi keunikan Indonesia, terutamanya di Jogja. Batik telah jadi kebudayaan yang di turunkan dari nenek moyang. Batik jadi karya seni yang bukan hanya guratan canting yang terlihat cantik di mata, dan juga kaya arti.

Batik yang lumayan lama serta dapat jadi wisata budaya Jogja ialah batik Giriloyo. Sebab ketenaran batik ini, kampung di Jogja ini serta kehadiran tamu asing dari beberapa penjuru dunia, seperti Asia, Amerika, Afrika serta Eropa. Telah dapat dibuktikan jika batik ini telah go internasional.

Untuk kebutuhan wisata, Kamu dapat berpeluang ikut belajar batik disana. Ada paket short course batik, spesial buat pelancong yang ingin belajar batik bersama. Batik ini batik catat hingga Kamu akan belajar bargaimana menggoreskan canting pada kain mori.

Beberapa batik lain yang tidak kalah populer mencakup batik motif ceplok, kawung, parang kusumo, serta batik motif lereng.


2. Sekatenan


7 Wisata Budaya Jogjakarta Yang Terkenal

Sekatenan dapat disebutkan satu dari tradisi budaya Jogja yang telah dikerjakan sepanjang sekian tahun. Mungkin sejaka Islam masuk ke tanah Jawa sebab Sekatenan ialah acara tahunan pesta rakyat yang dikerjakan di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad tanggal 5 Rabiul Awal Kalender Islam.

Wisata tradisi terpopuler dari Sekatenan ialah pasar malamnya. Kamu dapat berkunjung ke Alun-Alun Utara Keraton Jogjakarta. Pasar malam hari ini berjalan sepanjang satu bulan sebelum tanggal 5 Rabiul Awal. Pucuk dari Sekatenan ialah Grebeg Maulud.

Pada Grebeg Maulud, akan ada arak-arak yang bawa beragam macam hasil bumi yang dipanggul. Puncaknya ialah berebutan hasil bumi ini. Siapa saja yang dapat memperoleh buah, atau hasil bumi lain, diakui dapat datangkan rezeki. Acara budaya Jogja ini benar-benar unik hingga cukup banyak pelancong asing yang hadir untuk memkamungnya dengan cara langsung.


3. Sendratari Ramayana


7 Wisata Budaya Jogjakarta Yang Terkenal

Tiap pelancong asing yang hadir ke Jogja, hampir tentu menyempatkan waktunya untuk lihat Sendratari Ramayana, satu seni tari serta drama yang dipadukan jadi satu pertuntjukan yang bagus tanpa ada diskusi dengan certia Ramayana. Dengan singkat, ceritanya tentang Sri Rama yang berupaya keras untuk menyelematkan istri kecintaannya, Dewi Shinta yang sudah diculik oleh Rahwana. Demikian terkenalnya budaya asli Jogja ini, Sendratari Ramayana dimainkan di sejumlah negara tetangga seperti Malaysia, Laos, Kamboja, Singapura, Thailand sampai India serta Sri Lanka.

Bila Kamu ingin melihat atraksi ini, Kamu dapat hadir ke Teater Tri Murti Prambanan tiap hari Selasa, Rabu serta Kamis. Di gedung ini, Kamu lakukan reservasi untuk atraksi pada tanggal-tanggal yang telah dipastikan selama tahun. Tetapi, pada bulan-bulan tersendiri, Kamu dapat juga memkamungnya di gedung terbuak dengan latar belakang Candi Prambanan. Tetapi, di Pura Wisata serta Ndalem Pujokusuman, atraksi ini dimainkan.


4. Seni Tari


7 Wisata Budaya Jogjakarta Yang Terkenal

Kesenian ialah sisi dari budaya, serta Jogja ialah kota seni tinggi yang telah populer di dunia. Seni tari adalah produk budaya wilayah Jogja yang sekarang bukan sekedar disukai oleh pelancong dalam negeri, dan juga luar negeri.

Seni tari dari Jogja ada banyak jenis, dari tari yang tampilkan kemolekan serta keanggunan satu orang wanita, atau wanita yang pemberani sampai satu orang ksatria berparas tampan serta gagah.

Tari Golek Ayun-Ayun ialah misalnya. Tari ciptaan KRT Sasmita Dipura ini dipertunjukkan untuk menyongsong tamu oleh dua orang penari kenakan pakaian pakaian beluduru hitam digabungkan dengan bawahan kain batik putih. Lalu ada pula tari Beksan Srikandi Suradewati, satu tarian tentang peperangan Dewi Suradewati dengan Dewi Srikandi.


5. Karawitan


7 Wisata Budaya Jogjakarta Yang Terkenal

Banyak budaya-budaya Jogja yang diadopsi selanjutnya dipakai untuk tampilkan karya seni kontemporer, seperti campur sari. Jika kita lihat aslinya, campur sari ini dahulunya datang dari seni karawitan dari Jogja, satu kesenian tarik suara yang memakai gamelan jadi instrumennya serta suara manusia yang berlaraskan pelog atau slendro.

Banyak pesinden, (wanita yang menyanyi pada seni karawitan) yang saat ini dapat Kamu dapatkan seperti pesinden legendaris Waljinah, Condrolukito, dan sebagainya. Serta, kesenian ini saat ini bukan sekedar dipelajari oleh orang Indonesia, dan juga di luar negeri seperti Jepang, Amerika serta Eropa.

Berlainan dengan seni musik kontemporer, seni budaya karawitan di Jogja ini ada pakem-nya. Serta karawitan dari Jogja pada terutamanya mempunyai karakter sawiji, sengguh, keras, bundar, patriotik, semangat serta tetap berkobar-kobar. Keunikan ini dikarenakan oleh unsur riwayat terutamanya perlawanan dengan pemerintah kolonial Belkamu.


6. Wayang Kulit


7 Wisata Budaya Jogjakarta Yang Terkenal

Siapa yang tidak kenal wayang kulit? Salah satunya produk budaya Jawa di Jogja yang tampilkan atraksi wayang dengan narasi pewayangan seperti Ramayanan serta Mahabarata. Kebudayaan ini makin langka saja dipertujunjukkan di beberapa wilayah di DIY, tetapi kelestariannya masih terbangun sampai saat ini.

Wayang kulit telah mendunia, serta telah dimainkan di sejumlah negara. Kisah-kisah yang dibawakan pada atraksi wayang kulit mungkin biasa serta diulangi terutamanya untuk cerita-cerita pakem seperti Dewa Ruci, Gatotokaca Gugur, atau mengenai Petruk Dadi Ratu (Petruk Jadi Ratu), tetapi dalang-dalang (orang yang menggerakkan wayang) membuat cerita-cerita baru tetapi tidak tinggalkan pakem serta ciri-ciri wayang serta masih kaya arti.


7. Upacara Labuhan


7 Wisata Budaya Jogjakarta Yang Terkenal

Budaya dari Jogja paling akhir sampai sekarang masih lestari serta populer ialah upacara labuhan. Labuhan adalah tradisi istiadat yang sudah dikerjakan sejaka jaman Mataram Islam era ke-14. Warga Jogja yakini jika dengan membuat upacara ini, maka terbentuk ketentraman serta kesejahteraan serta tetap diberi keselamatan oleh yang Maha Kuasa.

Walau diadakan oleh Keraton, upacara ini masih disemarakkan oleh warga dengan luas dengan arah jika upacara ini masih lestari. Mengenai pokok dari acara ini ialah lakukan persembahan atau syukuran di beberapa tempat yang mempunyai nilai riwayat leluhur raja-raja sebelumnya. Doa-doa dengan agama Islam dipanjatkan supaya memberi keselamatan, kesejahteraan serta ketentraman buat warga Jogja serta Indonesia.

Itu hanya sedikit dari banyak budaya Jogja yang terkenal. Kalau kamu masih penasaran masih ada banyak lagi loh, misalnya ada pasar kangen yang jualan alat-alat jaman dulu, festival pacuan kuda, festival layangan, dan masih banyak lagi yang gak bisa disebutin satu per satu. Yuk liburan ke Jogja.