10/19/2019

7 Teknologi Transportasi Ramah Lingkungan Untuk Indonesia

7 Teknologi Transportasi Ramah Lingkungan Untuk Indonesia

Saat ini telah banyak teknologi yang berkembang di bidang transportasi Indonesia. Sehingga semakin mempermudah aktivitas warga sehari-hari menjadi lebih efektif dan membuat waktu yang ditempuh menjadi lebih efisien. Beberapa bentuk kemajuan di bidang transportasi yang kini sudah hadir salah satunya adalah transportasi berbasis rel seperti KRL, LRT, MRT, dan Skytrain yang diklaim sebagai moda transportasi paling lebih efektif dibandingkan dengan lainnya.

Selain itu, pembangunan infrastruktur yang semakin luas juga mendukung terwujudnya moda transportasi yang cukup beragam. Dalam kurung 5 tahun sejak tahun 2014, sudah banyak pelabuhan yang direnovasi menjadi lebih modern, bandara-bandara baru dibangun di beberapa daerah yang menjadi pusat wisata sehingga membuka rute penerbangan baru, dan pembangunan terminal-terminal bus yang lebih nyaman dan aman yang jauh dari stigma tempat kotor dan bernuansa negatif.

7 Teknologi Transportasi Ramah Lingkungan Untuk Indonesia

Dampak yang sangat terasa adalah ketika musim mudik tiba. Perlahan tapi pasti, berita-berita tentang sulitnya aksesbilitas transportasi dan kemacetan yang jadi persoalan tahunan menjadi berkurang dan berganti menjadi sanjungan tentang kinerja pemerintah dalam mengatasi problematika transportasi yang selalu menjadi rapor merah. Memang tidak bisa dipungkiri sih, soalnya saya pun merasakan kemudahan transportasi semenjak pindah ke Pulau Jawa.

Dengan kemajuan teknologi yang kian hari semakin pesat perkembangannya, begitu juga halnya dengan transportasi, maka dibutuhkan inovasi dalam transportasi modern berteknologi tinggi untuk mewujudkan transportasi yang unggul. Tapi di sini, saya tidak akan membahas moda transportasi yang super canggih melainkan ingin mengeluarkan ide tentang moda transportasi yang dibutuhkan secara luas oleh masyarakat Indonesia yang dapat memberikan kenyamanan, keamanan, dan keindahan.

Daripada penasaran, inilah 7 moda transportasi berteknologi tinggi ramah lingkungan untuk Indonesia yang mungkin membantu memberikan ide buat kementerian Perhubungan Indonesia kedepannya:


1. Kereta Gantung (Skylift)


7 Teknologi Transportasi Ramah Lingkungan Untuk Indonesia

Salah satu solusi kemacetan lalu lintas di Kota-kota besar yang memiliki banyak manfaat adalah kereta gantung (Skylift). Kereta gantung dapat mengatasi kemacetan karena penggunaannya akan mengurangi pemakaian ruas jalan oleh warga ataupun wisatawan. Saat ini, masyarakat di kota-kota besar tidak memiliki alternatif transportasi selain moda transportasi darat seperti mobil dan motor. Akibatnya, laju pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor sulit tertahankan.

Moda transportasi kereta gantung (Skylift) bisa menjadi solusi yang tepat. Selain alasan dapat mengurangi kemacetan lalu lintas, kereta gantung juga memiliki banyak manfaat bagi penggunanya, yaitu: ramah lingkungan, aman, nyaman, cepat, tepat waktu, terjangkau, tingkat keselamatan tinggi, memiliki kapasitas angkut yang besar, menggunakan listrik sehingga tidak mengeluarkan emisi gas buang, dan tidak bising. Manfaat lainnya adalah sebagai sarana wisata melihat keindahan kota dari udara.


2. Jalur Pejalan Kaki (Skywalk)


7 Teknologi Transportasi Ramah Lingkungan Untuk Indonesia

Dalam program pembangunan transportasi unggul, pembangunan suatu kota atau daerah selayaknya menyediakan sebuah sarana untuk para pejalan kaki. Jalur pejalan kaki adalah ruang khusus untuk pejalan kaki yang berfungsi sebagai sarana pencapaian dan dapat melindungi pejalan kaki dari bahaya yang datang dari kendaraan bermotor.

Melihat kondisi sekarang, sarana untuk para pejalan kaki cukup memprihatinkan. Hak-hak para pejalan kaki sudah terampas oleh banyak kepentingan seperti pedagang kaki lima, bengkel, parkir, bahkan oleh para pengendara motor. Ketidakpedulian dan ketidakdisiplinan para pengguna jalan menjadi penyebab semua itu.

Pembangunan dan pengembangan jalur pejalan kaki (skywalk) di atas jalan utama diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pejalan kaki. Selain itu, pembangunan ini juga bertujuan untuk mewujudkan transportasi yang ramah lingkungan sebagai rangkaian dari pembangunan transportasi unggul di Indonesia.


3. Jalur Sepeda


7 Teknologi Transportasi Ramah Lingkungan Untuk Indonesia

Sistem transportasi kota yang ramah lingkungan akan selalu mengakomodasi moda-moda transportasi hemat energi dan tidak mengeluarkan zat-zat polutan yang dapat mengganggu kesehatan. Solusi paling mudah dan murah untuk mewujudkan hal tersebut adalah mengembalikan budaya bersepeda di masyarakat. Sepeda adalah sarana transportasi yang dinilai murah, mudah, dan sehat.

Karakter murah sepeda tentu bukan hanya karena harganya, melainkan karena tidak memerlukan bahan bakar. Sepeda juga dinilai mudah karena tidak membutuhkan ruang yang luas sehingga pemerintah tidak perlu membangun ruas-ruas jalan yang lebar. sedangkan untuk kesehatan, sepeda sudah sangat terbukti karena juga menjadi alat olah raga.

Dengan melihat fakta tersebut, pemerintah dapat segera mencanangkan program untuk mengembalikan budaya bersepeda pada masyarakat, yakni membangun jalur khusus sepeda, pemberlakuan car free day, dan program bike sharing dimana pemerintah memberikan layanan akses sepeda gratis di beberapa spot.


4. Bus Sekolah


7 Teknologi Transportasi Ramah Lingkungan Untuk Indonesia

Saat ini, volume kendaraan bermotor di jalanan sudah semakin ramai dengan berbagai tujuan aktivitas pengendaranya, ada yang tujuannya ke kantor, pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan bahkan sekolah. Melihat kondisi yang semakin semrawut tentunya pemerintah harus menyortir permasalahan ini satu per satu di mulai dari aktivitas pengendara anak sekolah yang sering bikin macet di jam pagi dan sore hari. Salah satu caranya adalah dengan memberi transportasi khusus buat anak sekolah.

Pengadaan bus sekolah bertujuan memberikan pelayanan kepada pelajar untuk mendapatkan sarana transportasi yang nyaman, aman, cepat, dan murah. Dengan demikian, kepadatan lalu lintas pun bisa dikurangi karena lebih dari setengah pengguna angkutan umum (pelajar) beralih menggunakan bus sekolah. Kemacetan lalu lintas pun bisa dikurangi. Selain itu, keberadaan bus sekolah juga dapat dimanfaatkan oleh pelajar sebagai media sosialisasi dan meningkatkan disiplin pelajar.


5. Bus Wisata


7 Teknologi Transportasi Ramah Lingkungan Untuk Indonesia

Secara umum, pembenahan sistem transportasi bertujuan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna sarana dan prasarana transportasi. Rasa nyaman dan aman itu juga bukan hak monopoli warga lokal, melainkan juga hak bagi para pendatang atau wisatawan. Bahkan, sebagai tamu, mereka patut mendapat layanan yang sama dengan lainnya.

Pengadaan bus wisata bertujuan memberikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan kepada wisatawan saat berwisata. Dengan demikian, wisawatan tidak akan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum lainnya sehingga tingkat kepadatan lalu lintas dapat berkurang. Selain itu, keberadaan bus wisata juga akan menjadi daya tarik tersendiri dan menjadi ikon kota atau daerah.


6. Gedung Parkir


7 Teknologi Transportasi Ramah Lingkungan Untuk Indonesia

Ledakan jumlah kendaraan pasti membawa masalah yang membuat sistem transportasi semakin semrawut. Ledakan jumlah kendaraan itu menyebabkan sarana parkir yang tersedia tidak sanggup lagi menampung kendaraan yang digunakan warga dan pendatang. Akibatnya, semakin banyak muncul parkir liar di badan jalan.

Secara hukum, keberadaan perpakiran di badan jalan tersebut adalah tindakan illegal. Untuk itulah, diperlukan sebuah sarana gedung parkir yang dapat mengatasi masalah transportasi tersebut. Salah satunya dengan membangun gedung parkir kendaraan bermotor di beberapa titik pusat kota yang sering diakses pengendara yang sering memarkirkan kendaraannya.


7. Transit Oriented Development (TOD)


7 Teknologi Transportasi Ramah Lingkungan Untuk Indonesia

Berdasarkan perencanaan pembangunan sistem transportasi yang unggul seperti 6 ide program di atas maka perlu dibuatkan sebuah konsep yang dapat mengintegrasikan kebutuhan warga dengan transportasi secara efektif dan efisien. Dan konsep yang paling cocok adalah Transit Oriented Development (TOD).

Pada dasarnya, prinsip Transit Oriented Development (TOD) adalah mengurangi mobiltas penduduk antarkawasan ataupun antarkota dengan mengintegrasikan dan mendekatkan sistem transportasi kota, kawasan permukiman, sentra bisnis, dan pusat kegiatan masyarakat sehinga tercipta sebuah kota yang efisien serta menciptakan kawasan ekonomi yang terpadu.

Itulah 7 moda transportasi canggih masa depan yang ramah lingkungan untuk Indonesia yang akan semakin mempermudah kehidupan masyarakat. Hal itu tentunya juga akan membuat aktivitas akan jauh lebih efisien dan menghemat banyak waktu. Meskipun terdengar sederhana, tapi konsep inilah yang sepertinya dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia yang sesuai kebutuhan kita semua.

7 Teknologi Transportasi Ramah Lingkungan Untuk Indonesia

Untuk mengenal lebih jauh tentang mengenai tentang perkembangan transportasi kita di Indonesia, silakan kunjungi akun media sosial Kementerian Perhubungan Indonesia di sini.

Sumber foto : unsplash