4/17/2019

SPOTS Lebih Dari Sekedar Aplikasi Kasir

SPOTS Lebih Dari Sekedar Aplikasi Kasir Biasa

bimoaji.com - Saat ini, perkembangan teknologi berjalan begitu cepat dan dinamis. Hal ini juga dibarengi dengan pesatnya pertumbuhan dunia usaha yang memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan produk-produk mereka, tak terkecuali usaha kuliner. Memiliki usaha di bidang kuliner sepertinya menjadi tren baru di Indonesia, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Seiring perjalanan waktu, kegiatan pemasaran usaha kuliner kini menjadi lebih mudah karena terbantu dengan adanya media sosial yang dapat menjangkau orang di mana saja dan kapan saja. Bahkan kini, pelaku usaha kuliner dapat menjangkau pelanggannya dengan lebih mudah menggunakan layanan pesan antar makanan, GO-FOOD.

Dalam perjalannya, ketika sebuah usaha kuliner mulai maju khususnya bagi UMKM, akan ada beberapa permasalahan yang seringkali muncul dalam manajemen usahanya seperti penyusunan data pesanan online dan offline, metode pembayaran, pencatatan transaksi pembelian, atau rekapitulasi hasil penjualan dan pendapatan.
Mungkin hal tersebut terlihat tidak seberapa, toh namanya juga usaha kecil-kecilan. Tapi, tunggu dulu! Jika kamu ingin sukses dalam menjalankan usaha kuliner, maka kamu harus memperhatikan hal tersebut. Caranya adalah kamu harus memiliki sebuah aplikasi yang bernama Point of Sale (POS) untuk mencatat semua transaksi penjualanmu. Jadi kamu bisa menghitung detail keuntungan penjualanmu.

Perkenalkan SPOTS


SPOTS Lebih Dari Sekedar Aplikasi Kasir Biasa

SPOTS adalah perangkat multifungsi dari GO-JEK yang berguna untuk melengkapi semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia mulai dari terima pemesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran, dan mencetak resi secara instan. Secara sederhana, SPOTS adalah sebuah aplikasi kasir yang membantu penggunanya mencatat dan merekam setiap transaksi yang masuk ke dalam mesin kasir, Point of Sale (POS).

jadi, apapun usaha yang kamu miliki, seperti booth, kedai, kafe, gerobak, warung, hingga restoran, SPOTS hadir untuk mempermudah operasional usahamu seperti menghemat waktu dan uang dengan mengotomatisasi banyak tugas penjualan sehari-hari. Dan kini SPOTS sudah dipercaya oleh lebih dari 15.000 outlet yang tersebar di 50 kota besar di Indonesia untuk memenuhi segala ukuran usaha kuliner.


Kelebihan SPOTS


SPOTS Lebih Dari Sekedar Aplikasi Kasir Biasa

Kebanyakan, aplikasi kasir sejenis mengharuskan kamu menggunakan lebih dari 1 perangkat untuk memneuhi semua operasional usahamu. Tapi dengan SPOTS, kamu dapat mengembangkan usaha Anda hanya dengan 1 perangkat untuk semuanya yang diantaranya adalah:


1. Atur Menu


SPOTS Lebih Dari Sekedar Aplikasi Kasir Biasa

Dengan SPOTS, kamu bisa mengatur list menu usaha kulinermu di dalam aplikasi. Caranya cukup mudah dengan mengedit nama menu, tentukan harga, berikan informasi status menu, bedakan kategori, atau masukkan pajak jika perlu, dan upload foto menu atau kamu juga bisa mengimpor data menu kamu sebelumnya yang ada di akun GO-FOOD untuk dipindahkan dalam SPOTS.


2. Terima Pesanan GO-FOOD


SPOTS Lebih Dari Sekedar Aplikasi Kasir Biasa

Kini kamu tidak perlu khawatir lagi dengan pesanan yang datang dari GO-FOOD. Aplikasi kasir, SPOTS yang kamu miliki dapat digunakan untuk mencatat pesanan GO-FOOD maupun pencatatan makan di tempat. Selain itu, kamu tidak perlu takut melewatkan pesanan GO-FOOD yang masuk di SPOTS-mu karena SPOTS akan menunjukan notifikasi dan suara setiap menerima pesanan GO-FOOD seperti yang ada di smartphone.


3. Terima Pembayaran GO-PAY


SPOTS Lebih Dari Sekedar Aplikasi Kasir Biasa

Karena integrasi antara aplikasi SPOTS dengan layanan GO-PAY, sekarang pembayaran via GO-PAY bukan lagi masalah apalagi pelanggan dapat memindai QR code langsung di layar SPOTS tanpa perlu lagi menggunakan print QR code. Setiap pembayaran via GO-PAY ini akan langsung masuk dalam rekaman data pembayaran.


4. Mencatat Beragam Tipe Pembayaran


SPOTS Lebih Dari Sekedar Aplikasi Kasir Biasa

Selain dapat mencatat pembayaran via GO-PAY, SPOTS juga dapat mencatat metode pembayaran lainnya seperti LinkAja, OVO, Kartu Debit, Kartu Kredit, tunai dan uang pas. Jadi setiap transaksi yang masuk akan dicatat tipe pembayarannya secara detail beserta keterangan pemesanan dan informasi waktunya.


5. Cetak Resi Instan


SPOTS Lebih Dari Sekedar Aplikasi Kasir Biasa

Selain sebagai aplikasi pencatat data transaksi pembelian, SPOTS juga memiliki fitur printer di dalamnya. Jadi kamu tidak perlu repot lagi menyediakan alat tambahan khusus untuk mencetak resi transaksi pembayaran. Selain untu cetak resi, SPOTS juga dapat digunakan untuk mencetak laporan harian penjualanmu.


6. Dapatkan Laporan Harian


SPOTS Lebih Dari Sekedar Aplikasi Kasir Biasa

Tentu bukanlah suatu hal yang mudah ketika kamu harus menghitung hasil pendapatanmu setiap hari apalagi dengan cara manual. Sekarang kamu tidak perlu khawatir lagi. Dengan SPOTS, kamu dapat memantau omzet pendapatanmu secara real-time dan detail seperti mengetahui metode pembayaran apa yang paling sering digunakan pelanggan, tipe order yang sering dipakai, dan juga jenis orderan yang masuk.

Itulah beberapa kelebihan SPOTS jika dibandingkan dengan aplikasi kasir lainnya yang umumnya mengharuskan kamu menggunakan lebih dari 1 perangkat untuk memenuhi kebutuhan usaha kulinermu. Kini, SPOTS dapat mengembangkan usahamu hanya dengan 1 perangkat untuk semua kebutuhan usahamu.



Akhir Kata


Salah satu hal penting dalam menjalankan sebuah usaha adalah pelayanan. Pelayanan yang ramah dan cepat akan membuat pelanggan merasa nyaman dan ingin berkunjung lagi. SPOTS hadir untuk membantumu memberikan pelayanan yang cepat dan praktis dalam proses pembayaran pelanggan.

Hanya dengan Rp.290.000 untuk aktivasi dan Rp.2.900 per hari untuk biaya pemeliharaan, kamu bisa menggunakan POS yang sudah terintegrasi dengan layanan GO-PAY dari GO-JEK dan menerima orderan GO-FOOD untuk usaha kulinermu. Jadi, tunggu apa lagi?

SPOTS Lebih Dari Sekedar Aplikasi Kasir Biasa

Sumber gambar dan video: www.spots.co.id