Mengenal Virus Zika Yang Mulai Mengancam Kesehatan

Mengenal Virus Zika Yang Mulai Mengancam Kesehatan Kita

Mengenal Virus Zika Yang Mulai Mengancam Kesehatan Kita - Dunia kesehatan kembali harus waspada, setelah virus Ebola mengguncang dunia pada tahun 2014 lalu, kini kita harus diresahkan oleh virus baru yang berbahaya. Nama virus itu adalah Virus Zika. Virus zika merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Nyamuk ini cukup terkenal sebagai nyamuk yang sering menyebabkan penyakit demam berdarah dan chikungunya. Virus ini sangat berkembang pesat di wilayah tropis. Kita yang tinggal di Indonesia wajib waspada penyebaran virus ini caranya dengan mengenalinya lebih dekat.


1. Penyebab Virus Zika


Penyebab virus zika

Penyebab virus penyakit Zika adalah gigitan nyamuk Aedes Aegypti yang termasuk ke dalam kelompok virus Flavivirus yang masih berasal dari keluarga yang sama dengan virus penyebab demam berdarah dan chikungunya. Nyamuk ini mengambil dan membawa virus Zika dari manusia yang telah terinfeksi virus tersebut melalui gigitannya kemudian menyebarkannya kembali kepada manusia yang belum terinfeksi.

Nyamuk ini sangat aktif di siang hari dan dapat berkembang biak dengan baik di area yang terdapat genangan air. Selain melalui gigitannya, virus Zika dapat ditularkan dari ibu ke janin di dalam kandungannya yang berisiko keguguran dan mikrosefali yaitu kelainan yang membuat otak pada janin tidak berkembang secara sempurna dan juga dapat ditularkan melalui tranfusi darah dan hubungan seksual.


2. Tanda-tanda atau Gejala Virus Zika


Tanda-tanda atau Gejala Virus Zika

Pada umumnya, virus Zika seringkali tidak menunjukkan tanda-tanda atau gejala yang aneh, sehingga kebanyakan orang beranggapan bahwa mereka tidak terserang virus Zika. Namun kita perlu waspada jik menemukan ngejala-gejala ringan seperti demam, lelah, sakit kepala, ruam, nyeri otot, nyeri sendi, atau peradangan kelopak mata.

Perbedaan yang paling mencolok antara virus Zika dan demam berdarah adalah demam yang muncul akibat infeksi virus ini cenderung tidak terlalu tinggi, kadang maksimal hanya berkisar 38 derajat Celcius yang pulih dalam waktu seminggu.


3. Apa yang Harus Dilakukan?


Cara melawan virus zika

Apabila kamu mengalami salah satu gejala-gejala seperti di atas, usahakan istirahat yang cukup, minum air mineral yang cukup untuk mencegah dehidrasi, dan konsumsi obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol atau ibuprofen untuk meredakan nyeri serta demam yang terjadi. Jangan mencoba konsumsi aspirin dan obat anti peradangan non-steroid lainnya hingga demam benar-benar sembuh.

Jika keadaan belum juga membaik dalam waktu seminggu, segera hubungi dokter dan bertanya tentang penyakit yang dialami. Sedangkan bagi pengidap yang telah terinfeksi virus Zika, diharapkan untuk menghindari area-area yang menjadi berkembangbiaknya nyamuk karena virus Zika dapat menyebar melalui gigitan nyamuk.


4. Langkah Pencegahan Virus Zika


Mencegah virus zika

Mencegah gigitan nyamuk adalah salah satu tindakan pencegahan awal yang bisa membantumu terhindar dari infeksi virus Zika. Meski terdengar sederhana, faktanya masih saja sulit dilakukan. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah gigitan nyamuk dia ntaranya:

  • Tetap berada di dalam ruangan yang tertutup atau bersuhu rendah karena nyamuk yang membawa virus Zika aktif di siang hari,
  • Kenakan pakaian yang dapat melindungi darigigitan nyamuk seperti baju lengan panjang, celana panjang, dan kaus kaki,
  • Bersihkan tempat-tempat yang dapat menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk dengan melakukan 3M yaitu menguras bak air, menutup tempat penampungan air, dan mengubur barang-barang bekas yang dapat berpotensi menjadi sarang perkembangbiakan nyamuk.
  • Gunakan lotion antinyamuk,
  • Jika memiliki bayi atau balita, pastikan bayi menggunakan pakaian yang dapat melindungi dari gigitan nyamuk dan gunakan kelambu pada tempat tidur atau kereta dorong bayi,
  • Bagi wanita hamil diharapkan untuk berhati-hati dan berkonsultasi dengan dokter jika ingin bepergian ke tempat yang masuk dalam daftar Negara terkena wabah virus Zika, dan
  • Meningkatkan daya tahan tubuh melalui perilaku hidup bersih dan sehat seperti olahraga rutin dan memakan makanan bernutrisi cukup.

Nah, itu dia informasi tentang wabah virus Zika yang mulai mengancam kesehatan kita. Mulai saat ini ayo budayakan hidup sehat dan menjaga lingkungan tetap bersih untuk dapat terhindar daripenyakit virus Zika yang berbahaya.

Sumber gambar : Unsplash

Seorang Perencana Kota | Pecandu Blogging | Pemotret Amatir | Penikmat Hujan | Pemain Bayangan | Pecinta Desain Grafis | Pengguna Internet | Kolektor Pulpen

Related Post