12/05/2018

Hostinger Layanan Web Hosting Termurah di Indonesia

Hostinger Layanan Web Hosting Termurah di Indonesia

Hostinger Layanan Web Hosting Termurah di Indonesia - Seringkali kita jumpai di dunia blogging, masih ada beberapa diantara teman-teman kita masih keliru membedakan antara sebuah blog dan website. Meskipun sama-sama berplatform weblog tapi ada hal yang sangat membedakan keduanya.

Jika dianalogikan, blog itu layaknya sebuah ruangan yang ada di dalam rumah misalnya kamar, sedangkan website adalah rumahnya. Jadi dapat dikatakan bahwa blog merupakan salah satu bagian dari rumah.

Untuk membangun rumah yang kuat tentunya memerlukan pondasi yang sangat kuat yang bernama hosting yang memiliki fungsi sebagai pendukung konfigurasi bahasa pemograman seperti PHP, MySQL, HTML, tempat penyimpanan data digital seperti teks, gambar, video, atau lainnya, dan bandwidth pada website.

Hosting umumnya berbentuk fisik yang biasanya disebut dengan nama server. Sebuah server memiliki sistem yang hampir sama dengan perangkat keras pada komputer yang terdiri dari Harddisk, RAM, Processor, dan lainnya dimana semua sistem ini disimpan pada tempat khusus yang dinamakan Data Center. Sedangkan hosting untuk sebuah website biasanya disebut dengan nama web hosting.

Sederhananya, hosting merupakan ruang penyimpanan data/file yang memiliki bentuk fisik, sedangkan web hosting merupakan salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat hosting untuk menaruh data/file bagi pemilik website.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini layanan web hosting sudah mulai menjamur di Indonesia. Dengan meningkatnya persaingan bisnis ini, beberapa provider web hosting terus melakukan pembaharuan kualitas layanan diantaranya menyediakan Shared Hosting, Cloud Hosting, VPS Hosting, dan Dedicated Server.

Untuk kamu yang melakukan blogging pada platform Blogspot, tenang saja, Google sudah menyediakan hosting gratis kok. Tapi hosting tersebut tidak bisa dibuka karena sudah langsung terintegrasi dengan platform blogspot.

Tips Memilih Hosting Terbaik


Tips Memilih Layanan Hosting

Untuk membuat sebuah website yang bagus, tentu dibutuhkan layanan web hosting yang baik agar akses ke website nanti bisa berjalan optimal. Meskipun kini sudah banyak penyedia layanan web hosting bermunculan, kamu tetap perlu berhati-hati sebelum memilih. Pastikan kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum memilih web hosting.

1. Cek Ketersediaan Bandwidth


Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah bagaimana ketersediaan bandwidth dari provider. Bandwidth merupakan kekuatan daya tampung sebuah website terhadap pengguna yang mengakses website. Bayangkan nih, jika bandwidth yang ditawarkan hanya sebesar 10 GB saja, sedangkan pengunjung websitemu sangat ramai.

Sudah dapat dipastikan websitemu akan nge-down bahkan hang karena tidak mampu membendung akses yang membludak. Jadi, dengan dukungan bandwidth yang besar, kamu tidak perlu takut lagi kebanjiran pengunjung. Saran aja nih, carilah provider yang menyediakan bandwidth diatas 100 GB.

2. Pertimbangkan Kapasitas Hosting


Sebenarnya untuk kebutuhan kapasitas sih tergantung bagaimana kebutuhanmu. Jika website yang kamu kelola terdapat banyak gambar atau video seperti toko online atau galeri online baiknya pilih web hosting yang menyediakan pilihan kapasitas besar. Tapi kalau isinya hanya sekedar teks dan beberapa foto dokumentasi seperti website personal, rasanya kapasitas 5 GB sudah cukup kok.

3. Perhatikan Lokasi Data Centernya


Sebelum kamu benar-benar memilih provider mana yang ingin kamu pilih, sebaiknya perhatikan lokasi server yang ditawarkan. Soalnya lokasi server sangat berpengaruh pada kecepatan loading websitemu. Kalau targetmu pengunjungnya berasal dari Indonesia, sebaiknya pilih lokasi server di Indonesia. Karena semakin jauh lokasi data center-nya maka akan semakin lama respon terhadap websitemu.

4. Periksa Keamanannya


Sebelum memutuskan memilih layanan web hosting, ada baiknya kamu cari tahu bagaimana sistem keamanannya. Apakah sistemnya mampu melindungi websitemu dari tangan jahil hacker seperti serangan DDOS, Deface, atau lainnya.

Biasanya provider yang professional selalu mengintegrasikan sistem keamanan ke dalam paket hosting. Atau untuk lebih jelasnya, coba tanyakan pada customer service tentang keamanan yang disediakan web hosting-nya.

5. Baca Reviewnya


Mungkin hal ini biasa saja tapi tidak ada salahnya juga mengecek tanggapan pengguna lainnya selama menggunakan hosting tersebut. Apakah komentarnya bernilai positif atau negatif yang malah berisi keluhan karena layanannya kurang maksimal.

Tentunya kamu tidak mau kan menggunakan provider yang kualitasnya banyak dikomplain oleh pengguna lainnya. Secara logika, semakin bagus review yang diberikan oleh pelanggan berarti layanan yang diberikan oleh provider sangat berkualitas.

6. Cari Tahu Teknologi yang Digunakan


Biasanya di halaman website resmi provider hosting yang professional, mereka akan mencantumkan informasi terkait perangkat teknologi yang mereka gunakan. Beruntunglah kamu kalau menemukan provider yang menggunakan teknologi cloud computing karena saat ini sistem inilah yang paling mutakhir.

Selain itu perhatikan hardware yang digunakan seperti dari prosesor, storage, dan lainnya. Hal ini sangat berpengaruh dengan keamanan websitemu. Kamu tidak mau kan kalau ternyata teknologi yang digunakan provider pilihanmu masih memakai teknologi jadul.

7. Pastikan Uptime Hosting Bergaransi


Bagi kamu yang masih terdengar asing dengan istilah ini, berikut penjelasannya. Jadi uptime hosting adalah lama waktu sebuah server untuk memberikan layanan kepada langganannya. Umumnya nilai uptime diukur dengan menggunakan persen, misalnya 98& atau 99%.

Bagi yang sudah lama berkecimpung dalam dunia website, uptime sering menjadi nilai mutlak kualitas sebuah provider web hosting. Karena dengan melihat nilai uptime saja, kita sudah bisa tahu seberapa lama server bisa berjalan tanpa gangguan. Semakin tinggi nilai uptime, semakin baik pula kualitas hosting-nya.

Contohnya, jika nilai uptime-nya adalah 99% per bulan, berarti jika terjadi downtime di atas 1%, maka kamu dapat mengklaim provider tersebut. Cara mengetahui berapa lama downtime yang dimaksud adalah dengan menghitung perkalian 1% x 30 hari x 24 jam hasilnya 7.2 jam.

8. Harga dan Layanan


Kalau yang ini sudah tidak bisa dipungkiri lagi, harga sering menjadi patokan kualitas suatu layanan web hosting. Akan tetapi, hosting yang murah belum tentu murahan loh. Dalam hal ini, murah tidaknya harga yang ditawarkan oleh provider sebanding dengan layanan yang dijanjikan. Pastikan kamu memilih harga layanan yang sebanding dengan kebutuhanmu.

Karena akan disayangkan membeli web hosting yang mahal dengan fasilitas lengkap tapi tidak semuanya terpakai, malah jadi mubazir. Jadi sesuaikan kebutuhanmu dulu kemudian cari provider mana yang menawarkan layanan seperti yang kamu inginkan dengan harga sepadan.

9. Tersedia Layanan Customer Service


Pastikan provider web hosting yang kamu pilih memiliki layanan customer service yang aktif terhadap pelanggan. Hal ini tentunya berguna buat kamu ketika menghadapi masalah dengan layanan yang diberikan. Umumnya layanan customer service yang diberikan dapat berupa live chatting, email, call center.

Itulah beberapa tips memilih web hosting yang bisa jadikan referensi sebelum memilih layanan hosting. Untuk kamu yang masih bingung dan membutuhkan layanan hosting Indonesia yang cepat, aman, dan terpercaya, kamu bisa pilih hostinger.co.id untuk jelasnya bisa lihat paket hostingnya di sini:

Apa Itu Hostinger?


Apa itu Hostinger?

Hostinger adalah perusahaan penyedia layanan hosting dan domain yang berdiri sejak tahun 2004. Hostinger juga merupakan salah satu penyedia layanan hosting terbaik di dunia dengan lebih dari 29 pengguna di lebih 178 negara. Hal ini mengindikasikan bahwa Hostinger merupakan pilihan terbaik sebagai penyedia layanan web hosting internasional..

Selain itu, Hostinger merupakan pelopor hosting murah terbaik di tahun 2018 dengan banyak fitur unlimited serta gratis domain bahkan ada layanan hosting gratis bagi pemula dalam dunia hosting. Untuk masalah harga, Hostinger menawarkan paket harga yang dimulai dari Rp.8.000-an/bulan untuk paket Web Hosting Single sampai paket Cloud Hosting Enterprise dengan harga Rp.299.000-an/bulan di mana kamu sudah mendapat diskon rata-rata 80% untuk semua paket hosting.

Keunggulan Hostinger


Sebagai penggebrak layanan hosting murah, tentunya Hostinger memiliki beberapa layanan unggulan yang tentunya berkualitas di mana diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pilihan Paket


Pilihan Paket di Hostinger

Hostinger menyediakan berbagai macam layanan hosting di dalam pilihan menunya. Pertama, ada layanan Web Hosting yang didesain untuk website skala kecil terbagi atas 3 paket yang bisa kamu pilih diantaranya ada paket Web Hosting Single, Web Hosting Premium, dan Web Hosting Bisnis. Untuk spesifikasi pada layanan ini cukup beragam tapi hal yang paling mencolok adalah pilihan paket Web Hosting Single, di mana dengan harga kurang Rp.8.000-an kamu sudah mendapatkan fasilitas Disk Space sebesar 10 GB dan Bandwidth 100 GB loh.

Kedua, ada Cloud Hosting yang merupakan layanan terbaru dari Hostinger Indonesia dimana layanan ini memakai infrastruktur cloud yang membuat performa hosting jadi 3x lebih cepat, jaminan uptime 99.9%, Disk Space hingga 40 GB, dan unlimited bandwidth. Ditambah garansi 30 hari uang kembali kalau kamu merasa tidak puas dengan kualitas layanan ini. Pada layanan ini terdapat 3 paket yang bisa kamu pilih yaitu paket Startup, Professional, dan Enterprise.

Ketiga, ada Vertual Private Server (VPS) yang merupakan layanan hosting dengan teknik server khusus dimana kamu bisa mendesain sendiri paket hosting-mu. Di sini terdapat 6 paket VPS yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Mulai dari yang paket termurah saja, kamu sudah mendapatkan fasilitas memori 1 GB, Disk Storage 20 GB, dan Bandwidth 1.000 GB. Dan semua fasilitas ini didukung dengan teknologi cloud. Jadi jangan khawatir soal performa dan kecepatnnya.

Keempat, ada Domain. Hostinger sebagai layanan web hosting juga memiliki layanan penyedia jasa registrasi domain. Domain yang ditawarkanpun sangat beragam. Bahkan domain .ID pun kini tersedia di Hostinger.

Terakhir, ada Website Builder yang merupakan layanan aplikasi pembuat web online. Jadi buat kamu yang ingin membuat website yang keren tapi tidak mempunyai basic bahasa pemograman dapat menggunakan layanan ini untuk membantumu membuat website. Spesialnya di Hostinger, layanan ini dibuat gratis bagi kamu yang sudah menyewa layanan hosting di sini minimal paket yang murah yaitu Web Hosting Single, kamu sudah bisa merasakan serunya layanan Web Builder ini.

2. Harga Paket


Daftar Harga Paket Web Hosting di Hostinger

Bicara mengenai harga, maka tidak ada keraguan untuk memilih Hostinger. Siapa yang tidak mau mendapatkan fasilitas keren dengan harga terjangkau, yang pasti Hostinger pilihannya. Bayangkan untuk layanan Web Hosting selama sebulan hanya seharga Rp.8.000-an untuk paket Web Hosting Single.

Sedangkan yang paling mahal sebesar Rp.37.000-an untuk Web Hosting Bisnis. Dengan harga segitu, kamu sudah bisa menikmati Disk Space, Bandwidth, Database MySQL, Akun Email, Jaminan Uptime, Map Builder, dan lain-lain. Untuk spesifikasi lengkapnya dapat dilihat pada tautan ini.

Daftar Harga Paket Cloud Hosting di Hostinger

Lain lagi dengan harga layanan Cloud Hosting Indonesia yang terdiri dari 3 paket yaitu Startup, Professional, dan Enterprise. Untuk harga, ketiganya memiliki harga yang berbeda. Tapi untuk fasilitas di dalam paketnya, semua sama yang membedakan hanya besaran teknis dan kapasitasnya.

Misalnya jika kamu membeli paket Startup maka kamu sudah bisa menikmati fasilitas keren seperti Dedicated IP address, unlimited bandwidth, disk space 40 GB, RAM 3 GB, CPU core, dan lainnya.

Daftar Harga Paket VPS di Hostinger

Dan terakhir ada paket Virtual Private Server (VPS) yang memiliki banyak paket pilihan. Kalau sebelumnya masing-masing menawarkan 3 paket saja, maka VPS menawarkan 6 pilihan paket berbeda. Paket termurah adalah pilihan paket server VPS 1 dengan harga Rp.57.669 per bulan dengan fasilitas RAM 1 GB dan disk space 20 GB.

Ada satu lagi, layanan penyediaan registrasi domain. Jika diperhatikan harga domain yang ada di Hostinger Indonesia hampir sama dengan provider lainnya. Tapi khusus untuk domain .xyz dan .online harga yang ditawarkan cukup murah yaitu sebesar Rp.10.000-an.

3. Keamanan


Fitur Keamanan di Hostinger

Untuk fitur keamanan sendiri untuk mencegah pencurian atau peretasan data, Hostinger menyediakan 3 fitur unggulan yaitu:

- Sertifikat Sercure Socket Layer (SSL) merupakan fitur enkripsi pada data pemilik website yang misalnya alamat, nomor PIN, nomor telepon, kartu kredit, dan data privasi lainnya.
- Cloudflare Protection merupakan fitur yang akan menjaga websitemu ketika ada ancaman traffic HTTP yang merusak.
- Backup harian merupakan fitur yang bertugas secara rutin menyimpan data website ke data backup-an untuk menghindari data yang hilang akibat kerusakan server atau sistem.

Semua fasilitas di atas bisa kamu dapatkan secara gratis ketika mau membeli paket Web Hosting Bisnis. Tapi jagan khawatir ketiga fitur keamanan itu tetap bisa dinikmati di Web Hosting Single dan Premium tapi bersifat opsional yaitu kamu bisa memilih diantara ketiga fitur itu dan membayar lagi untuk mengaktifkannya.

4. Garansi Uang Kembali


Garansi 30 Hari Hostinger

Bila ini adalah pengalaman pertamamu untuk mencoba layanan hosting, sepertinya kamu tidak perlu ragu dengan menjatuhkan pilihan di Hostinger sebagai tempat belajar. Karena jika kamu merasa kurang puas dengan layanan dan kualitas yang diberikan, kamu dapat mengambil uangmu kembali dengan jaminan 30 hari uang kembali. Garansi ini berlaku untuk semua layanan hosting.

5. Lokasi Server


Lokasi Server Hostinger

Untuk lokasi server Hostinger tersedia di 3 tempat berbeda yaitu Eropa, Amerika Serkat, dan Singapura untuk wilayah Asia. Walaupun Indonesia belum ada tapi rasanya memilih server yang ada di Singapura sudah cukup bagus kok soalnya lokasinya tidak terlalu jauh dari Indonesia apalagi server Singapura terkenal dengan respon kecepatannya yang kuat dan stabil.

7. Skor Uptime


Skor Uptime Hostinger

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa skor uptime merupakan presentase waktu server mengatasi masalah ketika web hosting beroperasi. semakin tinggi presentase uptime-nya maka semakin baik layanan servernya. Hostinger Indonesia berani menjamin uptime yang diberikan adalah 99.99% untuk semua servernya. Jadi dapat dipastikan bahwa server Hostinger benar-benar tangguh dan kuat.

8. Program Afiliasi


Program Afiliasi dari Hostinger

Selain sebagai penyedia layanan web hosting, Hostinger juga memiliki program afiliasi yang menarik. Sama seperti program afiliasi pada umumnya yaitu caranya kamu tinggal menaruh link afiliasi yang berupa banner promosi di websitemu. Jika umumnya program afiliasi hanya memberikan komisi beberapa persen saja dari pemasangan link afiliasi, maka Hostinger tidak tanggung-tanggung akan memberikanmu komisi hingga 100% jika ada orang yang membeli paket Web Hosting dan 50% bagi yang membeli paket VPS.

9. Panduan dan Customer Service


Layanan Tutoial dari Hostinger

Hostinger menyediakan halaman tutorial yang berisi panduan cara penggunaan layanan hostingnya dengan lengkap. Sehingga buat kamu yang baru pertama kali menggunakan layanan hosting dapat mempelajari dengan mudah. Selain itu, jika kamu masih bingung dan butuh bantuan, jangan ragu untuk menghubungi layanan customer service Hostinger. Mereka selalu siap membantumu selama 24 jam.

Akhir Kata


Dari ulasan di atas, saya yakin bahwa layanan yang diberikan Hostinger sangat bagus dengan paket hostingnya yang cukup murah ditambah lagi dengan dukungan infrastruktur servernya yang tangguh, cepat, aman, dan stabil membuat Hostinger benar-benar dapat menjadi pilihan utama dalam membeli hosting yang benar-benar berkualitas.

Sumber gambar: Unsplash dan Hostinger

Artikel Terkait

Seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata dan dunia maya.

Newest Post