10/18/2018

Ini Dia Sistem Payroll Yang Ideal Untuk Perusahaan

Ini Dia Sistem Payroll Yang Ideal Untuk Perusahaan

Ini Dia Sistem Payroll yang Ideal untuk Perusahaan - Salah satu tugas Divisi HR yang sangat penting dalam sebuah perusahaan adalah membuat atau mengurusi sistem penggajian para karyawan seperti menghitung berapa besarnya gaji yang diterima oleh setiap karyawan, potongan gaji, dan lain sebagainya tentu bukanlah hal yang mudah untuk dikerjakan. Diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam melakukan tugas tersebut karena akan fatal jika terjadi sebuah kesalahan dalam proses penginputan datanya.

Oleh karena itu, sudah seharusnya sebuah perusahaan benar-benar memiliki system payroll yang ideal agar bisa menanganai urusan payroll dengan baik tanpa ada kesalahan sedikitpun. Berikut ini adalah sistem payroll yang ideal untuk perusahaan jika menginginkan payroll-nya efektif serta efisien.


1. Mengetahui Hak Dasar Karyawan


Hal yang pertama mesti diketahui untuk membuat sistem payroll yang ideal adalah mengetahui hak hak dasar setiap karyawan , apa yang mesti dipenuhi, apa yang mesti dibayar dan apa yang mesti dilakukan harus diketahui HR agar bisa membuat sistem payroll yang ideal.

Baca Juga : Mudahnya Proses Rekrutmen Dengan Software HRD


2. Jenis Jenis Tiap Pekerjaan


Selanjutnya ada jenis jenis tiap pekerjaan, ketahui setiap jenis pekerjaan yang dikerjakan oleh setiap karyawan. Sudah pasti payroll karyawan akan berbeda berdasarkan jenis pekerjaannya, dengan mengelomokan jenis pekerjaan karyawan maka hrd akan lebih mudah untuk melakukan payroll disetiap bulan nya.


3. Analisa Setiap Tujuan Dan Posisi


Jika karyawan yang mempunyai jabatan tinggi dan intensitas pekerjaan yang banyak, maka ia tentu akan cenderung mengalami tekanan di setiap proses pekerjaannya. Jadi sudah seharusnya karyawan yang mempunyai kemampuan berpikir bagus dan kreatif menerima sejumlah pembayaran yang wajar. Karena pastinya setiap hak karyawan di suatu perusahaan akan berbeda-beda, maka sudah tentu perhitungan tujuan dan posisi jabatan harus dimasukan ke dalam sistem payroll perusahaan.


4. Jaminan Perlindungan Sosial


Yang teraakhir ada jaminan perlindungan sosial Selama karyawan bekerja pada sebuah perusahaan secara tetap, maka sudah pasti ia berhak untuk menerima asuransi atau jaminan sosial serta dana pensiun. Oleh karena itu sudah seharusnya jaminan sosial dimasukan kedalam sistem payroll perusahaan, agar perusahaan benar benar memenuhi hak hak karyawan nya di dalam sistem payroll ideal perusahaan, Hal ini tentu sangat penting agar perusahaan mengikuti dan taat dengan regulasi yang dibuat oleh pemerintah.


Akhir Kata


Itulah berbagai hal yang dapat dilakukan oleh perussahaan dalam rangka untuk membuat system payroll yang ideal. LinovHR adalah rekomendasi software yang dapat digunakan untuk memasksimalkan system payroll perusahaan anda. Karena di dalam software LinovHR terdapat system payroll yang tentu bisa diterapkan oleh perusahaan, Oleh karena itu sudah seharusnya perusahaan untuk menggunakan system payroll agar bisnis nya lebih fokus dan maju lagi.

Artikel Terkait

Seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata dan dunia maya.