7/11/2018

Hunting Foto Dengan Kamera Polaroid

Pengalaman Memotret Menggunakan Kamera Polaroid

Pengalaman Memotret Menggunakan Kamera Polaroid - Akhir pekan kemarin, saya sedang mencoba hunting beberapa foto di dekat rumah saya. Kebetulan bulan lalu saya mendapatkan hadiah kamera polaroid produk Leica Sofort. Jadi saya mencoba belajar beberapa memotret menggunakan kamera ini. Rasanya agak sedikit berbeda sih dari kamera pada umumnya, soalnya kalau kamera polaroid hasilnya tidak bisa tersimpan dalam bentuk file tapi langsung tercetak.

Awalnya saya bingung sih bagaimana cara memakainya, soalnya beberapa kali saya mengambil gambar tapi hasilnya tidak tersimpan, terus aya cari slot kartu memorinya juga tidak ada. Akhirnya saya coba googling tentang kamera ini dan ternyata saya baru tahu kalau kamera polaroid itu butuh frame untuk cetak foto. Untuk frame-nya sendiri, dijual dalam 1 pack yang berisikan 10 frame dengan harga 100 ribu per pack.

Mahal banget? yah namanya juga polaroid. Karena penasaran, akhirnya saya mencoba cari frame-nya di semua toko kamera yang ada di kota saya tapi harganya malah jauh lebih mahal. Maklum saja, di kota saya, tren kamera polaroid belum terlalu booming. Dan akhirnya saya coba cari di toko online dan ternyata harganya lebih murah. Kalau beli 3 pack sekaligus bisa dapat harga 200 ribu loh.

Pengalaman Memotret Menggunakan Kamera Polaroid

Untuk ukuran frame-nya tidak jauh beda dengan ukuran foto di dompet jadi bentuknya kecil. Disini saya membeli frame dari Fujifilm Instax Mini, selain harganya murah, kualitas gambarnya juga bagus untuk segala jenis kamera polaroid. Karena peralatannya sudah lengkap, saatnya untuk mencoba mengambil beberapa foto.

Pengalaman Memotret Menggunakan Kamera Polaroid

Spot pertama di Pantai Losari, ikonnya Kota Makassar. Karena ini pertama kalinya saya mengambil gambar dengan kamera polaroid, hasilnya terlihat terlalu terang dan fotonya tidak seimbang. Salah saya juga sih soalnya lupa mengatur lensanya dan kurang proposional dalam mengambil gambar.

Pengalaman Memotret Menggunakan Kamera Polaroid

Selanjutnya, foto bersama teman-teman di Lapangan Syekh Yusuf. Foto ini sebenarnya belum sepenuhnya bersih total. Setelah memotret, frame-nya akan langsung keluar, biasanya membutuh waktu 5 menit hingga warnanya menyatu dengan baik.

Pengalaman Memotret Menggunakan Kamera Polaroid

Kemudian, ada dua foto saat hunting bareng teman blogger Makassar, namanya Aisyah. Nah kalau kedua foto ini adalah hasil akhir dari fotonya setelah 5 menit. Terlihat hasilnya jauh lebih bersih, jernih, dan berwarna seperti foto klasik yang bergaya Vintage.

Pengalaman Memotret Menggunakan Kamera Polaroid

Sebenarnya masih banyak lagi gambar yang saya foto tapi hanya 5 foto ini yang saya sukai. Sisanya saya simpan di dalam album foto mini khusus kamera polaroid. Jujur, buat saya punya hobi potret kamera polaroid itu menyenangkan tapi kendalanya hanya ada di budget buat beli frame-nya. Coba saja harganya lebih murah lagi, mungkin saya bisa tiap hari foto semua spot keren saat jalan-jalan.

Artikel Terkait

Seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata dan dunia maya.