6/07/2018

5 Alasan Kenapa Blogger Berhenti Ngeblog

Lima Hal Kenapa Kamu Tidak Usah Ngeblog

5 Alasan Kenapa Blogger Berhenti Ngeblog - Semakin hari popularitas blogger semakin ramai di dunia internet. Hal ini bisa dilihat dengan banyaknya komunitas-komunitas blogger yang mulai tumbuh berkembang. Kini, aktivitas ngeblog sudah menjadi hobi baru bagi sebagian orang. Ada yang menjadikannya sebagai catatan harian, dan ada juga yang serius menekuninya sebagai pekerjaan sampingan.

Apapun itu, semuanya sah-sah saja selama itu bermanfaat, kenapa tidak? Tapi beberapa waktu yang lalu, saya bertemu dengan salah seorang blogger. Kami bercerita banyak seputar dunia blogging yang mulai hits di kalangan masyarakat. Dia mengatakan bahwa banyak orang juga mulai jenuh dengan aktivitas ngeblog.

Terdengar aneh bukan? Saat dunia blogging mulai kembali menunjukkan eksistensinya, ada satu sisi di mana sebagian blogger mulai bosan ngeblog dan akhirnya memutuskan berhenti di tengah jalan. Ketika saya ingin mencari tahu alasan dibalik rasa penasaran ini. Akhirnya saya menemukan 5 Alasan Blogger Berhenti Ngeblog dari beberapa diskusi dengan teman komunitas blogger.


1. Tujuannya Hanya Uang


Sepertinya bukan rahasia umum lagi kalau banyak blogger berhenti ngeblog karena tujuannya hanya untuk mencari uang saja. Mereka yang berorientasi seperti ini kebanyakan adalah blogger yang ingin mendapatkan penghasilan dalam waktu sekejap. Mereka tidak sadar bahwa kerja keras pastinya akan membawa kesuksesan, begitu juga dengan ngeblog.

Memang benar tidak ada yang salah ketika mencari uang di blog tapi jangan jadikan hal itu sebagai pondasi utama untuk ngeblog. Jadikan itu sebagai penghargaan atas jerih payahmu selama membangun blog. Mulai sekarang ubahlah tujuan ke arah yang bermnafaat. Misalnya menceritakan pengalamanmu, membuat tutorial, atau hal lainnya yang membuatmu nyaman untuk ngeblog.


2. Tidak Sabar


Hal ini ada kaitannya dengan poin pertama, tapi dalam konteks yang berbeda. Banyak blogger yang ingin terkenal dan berpenghasilan besar dalam waktu satu atau dua hari setelah jadi blogger. Kebanyakan dari mereka beranggapan setelah menjadi blogger maka nama mereka akan trending di dunia maya.

Ini adalah anggapan yang benar-benar keliru. Seseorang tidak akan pernah menjadi populer ataupun jadi jutawan hanya dalam waktu singkat. Perlu proses dan usaha yang tekun hingga dikatakan blogger yang handal. Dan semua itu harus dilalui dengan kesabaran dan kerja keras.


3. Kurang Ide


Kekurangan ide bagi seorang blogger dapat berdampak buruk bagi performa blognya. Karena keterbatasan ide inilah banyak dari mereka lebih sering mengambil artikel milik oang lain dan kemudian mempostingnya kembali di blog mereka. Bagi mereka yang menganut paham ini, boleh dibilang mereka tidak berhenti ngeblog tapi percayalah bahwa mereka sudah berhenti berkarya.


4. Tidak Konsisten


Seorang blogger mestinya punya sebuah tujuan yang jelas dalam ngeblog. Karena tanpa tujuan, secara otomatis blogger pun tidak bisa berkonsentrasi dalam membangun blognya hingga menimbulkan ketidakkonsistenan dalam menulis blog. Untuk itulah, sebelum benar-benar memulai masuk dalam dunia blogging. Tetapkan satu tujuanmu untuk apa menulis kemudian fokuslah dan kembangkan.


5. Hanya Untuk Ikut Event


Di beberapa momen, ternyata ada juga blogger yang membuat blog hanya untuk memenuhi undangan suatu event tertentu. Hal ini sebenarnya tidak masalah karena beberapa brand-brand sekarang suka menggaet blogger sebagai partner atau rekan kerja ketika memperkenalkan produk terbarunya.

Tapi yang sangat disayangkan adalah ketika blogger seperti ini sudah tidak mendapatkan undangan lagi akhirnya mereka memilih berhenti ngeblog dan mengalihkan perhatian kepada hal yang dapat membuat mereka senang.


Akhir Kata


Itulah beberapa alasan yang menjadi dasar beberapa blogger kini memutuskan untuk berhenti ngeblog. Kalau ada yang merasa tersentuh dengan pernyataan di atas, saya berharap tetaplah menjadi blogger yang keren. Jika ada hal lain yang ingin ditambahkan, silakan tuliskan di bawah yah.

Artikel Terkait

Seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata dan dunia maya.