6/12/2018

6 Tips Menjadi Blogger Yang Beneran Keren

Beberapa Tips Yang Perlu Diperhatikan Biar Menjadi Blogger Yang Beneran Keren

6 Tips Menjadi Blogger Yang Beneran Keren - Semakin hari kelihatannya jumlah aktivis blogger semakin banyak. Hal ini saya perhatikan di dalam komunitas blogger Makassar yang banyak kedatangan anggota baru. Kalau di sini saja antusias anak mudanya bisa sebanyak ini bagaimana dengan komunitas lainnya.

Tujuan orang ngeblog ada bermacam-macam. Ada yang menulis cerita kesehariannya layaknya buku diari, ada yang menjadikannya galeri untuk menyimpan karyanya, ada yang suka berbagi tutorial keren, ada yang serius mencari penghasilan tambahan, dan ada juga yang ingin menambah popularitas.

Semua alasan di atas tidak ada yang salah kok. Sayangnya masih banyak blogger yang tidak konsisten dalam membangun blognya. Padahal untuk menjadi blogger keren itu tidak mudah, karena kamu harus benar-benar memperhatikan hal berikut:


1. Cari Topik Yang Tepat


Dalam membuat blog, usahakan jangan banyak membuat topik. Meskipun blogmu adalah blog gado-gado, pilihlah topik utama yang menggambarkan dirimu atau apa yang kamu senangi. Kalau ingin menambahkan topik lainnya sebagai variasi cukup tambahkan satu atau dua topik tambahan yang berkaitan dengan topik utama. Misalnya topik utamanya adalah traveling, topik lainnya adalah diari dan fotografi.

Kalau blogmu adalah niche blog, selamat! Kamu hanya perlu lebih fokus menjaga konten blogmu biar semakin menarik. Keuntungan mengelola blog dengan topik yang disukai adalah kamu tidak akan pernah merasa lelah, bosan, apalagi malas untuk menulis. Kamu seakan menikmatinya dan merasa senang dapat berbagi cerita dan pengalaman dengan pembaca.


2. Keterampilan Dalam Menulis


Setelah menentukan topik, mulailah menulis. Sebuah konten yang berkualitas dan keren itu dapat dilihat dari penjabaran tulisannya yang mudah dipahami, tidak terlalu pendek dan juga tidak terlalu panjang. Setiap kalimat dalam tulisan harus terstruktur dengan rapi seperti air yang mengalir dengan tenang.

Usahakan dalam menyusun kalimat jangan seperti orang yang terburu-buru ataupun bertele-tele, jangan lupa untuk memperhatikan tanda baca, hindari kesalahan ketik (typo), dan yang terpenting adalah gunakan gaya tulisan yang nyaman dan enak dibaca sesuai kesukaanmu.


3. Buatlah Konten Yang Menarik


Selanjutnya buatlah konten yang menarik. Buatlah konten yang isinya tidak hanya sebatas tulisan saja. Mulailah menyisipkan gambar-gambar keren yang sesuai dengan isi ceritamu untuk menarik gairah pembaca blogmu. Kalau kamu punya kreativitas yang lain, buatlah sebuah video yang dapat menggambarkan ceritamu secara nyata.

Jangan batasi dirimu dalam berkarya di blog. Semua orang punya kesempatan yang sama kok selama mau belajar dan terus belajar. Sekarang sudah banyak tutorial di internet. Cobalah berlatih mandiri atau bersama teman, atau berkunjunglah ke salah satu blogger idolamu, lihat bagaiman dia menyusun kontennya. Siapa tahu kamu bisa menemukan inpirasi.


4. Segarkan Tampilan Blog


Sebagus apapun konten yang sudah kamu susun tidak akan menarik perhatian kalau tampilan blogmu berantakan apalagi kosong. Ibaratnya, blog adalah rumah dan konten adalah perabotannya, maka teras adalah tampilannya. Kalau rumahnya sudah bagus dan perabotannya sudah lengkap tapi dari luar kelihatan seperti rumah tak berpenghuni, yakin dan percaya pasti pembacamu akan lari ketakutan sebelum masuk

Makanya kamu perlu mengatur tampilan blogmu agar telihat lebih keren dan professional misalnya dengan menambahkan widget yang seperlunya, menambahkan detail informasi pemilik blog seperti halaman about, contact, sitemap, dan lainnya yang dirasa perlu, dan mengatur menu navigasi konten sehingga pembaca bisa tahu apa saja topik tulisanmu.


5. Pelajari SEO


Bagi sebagian blogger, mempelajari Searh Engine Opmtimazation (SEO) adalah hal yang sulit dan dirasa tidak perlu. Sayangnya anggapan itu keliru karena pada kenyataannya di dunia internet selalu saja ada perubahan dan peningkatan algoritma yang bisa terjadi kapan saja.

Itulah mengapakamu tidak boleh merasa kalau kemampuanmu sekarang sudah lebih dari cukup mengelola konten. Bukankah tidak ada salahnya belajar kemampuanmu. Nah, kamu bisa mempelajari beberapa teknik SEO yang sederhana di situs milik Arlina Design, Mas Sugeng, atau Kompi Ajaib.


6. Lakukanlah Promosi 


Sekeren-kerennya blogmu dan sebagus-bagusnya kontenmu, kalau tidak ada yang kenal, mana ada orang yang tahu apalagi berkunjung ke blogmu. Jadi promosikanlah. Jangan hanya mengharapkan mereka datang dengan sukarela. Dan cara promosi paling mudah dan gratis adalah melalui media sosial. Jangan ragu, jangan malu, apalagi gengsi, lakukan hal ini kalau blogmu ingin dikenal oleh semua orang.


Akhir Kata


Dalam mengelola sebuah blog memang tidak membutuhkan waktu yang singkat. Perlu pengorbanan yang besar jika ingin blogmu sukses. Jalankan secara perlahan-lahan tapi pasti, jangan terburu-buru. Kalau kamu merasa capek, istirahatlah sejenak, kemudian bangkit lagi dengan semangat baru. Jangan malu untuk belajar hal baru yang belum pernah kamu pelajari sebelumnya. Tetap semangat dan jadilah blogger yang sukses.

Artikel Terkait

Seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata dan dunia maya.