5/25/2018

Cap Jonga Merah Yang Siap Memayungi Rumahmu

Cap Jonga Merah Yang Siap Memayungi Atap Rumahmu

bimoaji.com - Siapa nih yang tidak kenal dengan nama ini, Sermani Steel. Buat kamu yang pernah ikut membangun rumah atau paling tidak jalan-jalan ke toko bangunan, pasti sering melihat nama ini dengan logonya yang khas yaitu seekor rusa dengan warna merah menyala.

Dulu waktu kecil, saya senang sekali buat gazebo mini sama anak-anak kompleks rumah. Bahannya sederhana cuman modal bambu dan kayu seadanya, kita bisa membuat gazebo yang ukuran 2x2 meter. Buat kami dulu punya gazebo seperti ini sama seperti punya markas rahasia sendiri.

Tapi sayang, gazebo kami dulu hanya dipakai saat sore hari saja buat kumpul sebelum main soalnya kalau siang panas matahri sangat menyengat tubuh. Apalagi kalau musim hujan, markas kami jadi basah kuyub. Akhirnya kami berinisiatif mencari atap untuk menutupi gazebo.

Untungnya dekat kompleks rumah kami dekat dengan sebuah toko bahan bangunan. Di sana terdapat banyak bahan rongsokan yang sudah tidak terpakai lagi. Biasanya kami selalu bermain di sana untuk sekedar mencari barang bekas yang bisa dipakai bermain.

Kebetulan saat itu kami menemukan beberapa lembar seng kecil bekas yang tidak terpakai lagi. Akhirnya kami ambil dan bawa pulang untuk menyusunnya di gazebo kami. Satu hal yang paling kuingat dari seng itu adalah logo rusa merah atau teman-temanku sering bilang Jonga Eja.

Cap Jonga Merah Yang Siap Memayungi Atap Rumahmu

Bicara tentang Sermani Steel, saya jadi ingin berbagi cerita ketika saat berkesempatan mengunjungi pabriknya. Minggu, 20 Mei 2018, sekitar pukul 16.00 WITA, saya pergi ke industri seng ternama Makassar karena ajakan seorang teman blogger. Awalnya saya tidak tahu kalau PT. Sermani Steel ini terletak di Kota Makassar.

Saat pertama kali datang di tempat ini, saya hanya terkaget-kaget ternyata lokasinya ada di pusat Kota Makassar di mana jalan utamanya sering saya lalui kalau sedang ke luar kota. Karena bangunannya yang tidak terlalu mencolok mungkin banyak yang berpikiran seperti saya kalau dilihat dari depan pabriknya seperti rumah biasa.

PT. Sermani Steel dirintis pada tahun 1969 dan resmi berdiri pada tahun 1970 dengan produk pertamanya bernama Cap Jonga Hitam. Hingga pada tahun 1996 mereknya berubah menjadi Cap Jonga Merah yang tertempel jelas di lembaran seng. Pendirinya adalah H. Sjamsuddin Daeng Mangawing, seorang putra asli Makassar kelahiran 5 Mei 1922 yang merupakan entrepreneur nasional yang sukses pada zamannya.

Cap Jonga Merah Yang Siap Memayungi Atap Rumahmu

Untuk produknya sendiri, kini Cap Jonga Merah menyediakan 4 pilihan produk untuk memenuhi kebutuhan bahan bangunan diantaranya ada Atap Seng Sermani yang merupakan produk pertamanya dan masih eksis hingga sekarang. Tidak seperti seng pada umumnya, keunggulan seng Cap Jonga Merah ini adalah tebal dan kuat hingga 15 tahun pemakaian.

Selain itu, ada Sermani Spandeck yang merupakan atap yang terbuat dari bahan baku galvaium yaitu terdiri dari lapis seng dan alumium yang kuat, tahan karat, dan memiliki ketebalan hingga 0.35 mm dan lebar 750 mm. sehingga sangat cocok dipasang sebagai atap teras rumah.

Selanjutnya ada Sermani Galvalume yang merupakan rangka atap baja ringan pengganti kaso dan reng kayu. Produk ini terdiri dari beberapa perangkat yaitu Channel C, Reng, dan Hollow. Ketiga perangkat ini masing-masing terbuat dari baja lapis seng dan aluminium yang anti korosi.

Dan yang terakhir adalah Sermani Coil Galvalume yang merupakan plat baja ringan, yang terdiri dari aluminium, yang digulung roll atau biasa disebut sebagai baja lembaran yang mempunyai ketebalan dari 0.2 - 0,7 mm dengan lebar bervariasi dari 914 - 151.8 mm.

Cap Jonga Merah Yang Siap Memayungi Atap Rumahmu

Selain mengenal keempat produk utama tadi, saatnya berbicara keunggulan yang dimiliki oleh Cap Jonga Merah ini. Dari informasi yang saya dapatkan ketika meet up bersama dengan pemimpin pabrik ini, ada hal menarik yang saya temui di antaranya.

- Semua produk Cap Jonga Merah terkenal anti rayap.
- Selain itu juga tahan terhadap karat dan panas matahari.
- Yang paling terpenting adalah kuat dan ringan.
- Untuk pemasangannya juga mudah dan ringkas.
- Tampilan yang digunakan kelihatan lebih modern.
- Dan yang lebih penting lagi adalah ramah lingkungan.

Selain itu semua, yang menjadi keunggulan lainnya dibanding dengan produk lainnya yang serupa adalah ketebalannya. Jika pada umumnya banyak produsen yang memproduksi semen dengan tebal kisaran 0.15 - 0.18 mm, Cap Jonga Merah tetap konsisten pada ketebalan 0.20 mm.

Tidak hanya itu, dengan bahan baku yang kuat dan pengolahan yang sempurna, semua produk Cap Jonga Merah memiliki ketahanan pemakaian hingga 15 tahun lebih. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah PT. Sermani Steel mengolah semua produksinya dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) sehingga aman diproduksi.

Selain kedua hal diatas, ada lagi satu keunggulan yang dimiliki oleh Cap Jonga Merah yaitu produknya sudah memiliki ISO 9001 di mana semua penjualan produknya dipercaya akan kualitasnya dan diakui oleh masyarakat yang sudah memakainya.

Mengenal ini semua lebih dekat, saya sebagai orang yang dulu penasaran dengan merk Cap Jonga Merah merasa puas dengan informasi yang didapat. Dan yang paling buat saya speechless adalah ternyata PT. Sermani Steel ini ternyata berdiri dan beroperasi di Makassar. Saya berharap brand lokal seperti ini bisa terus berjaya dan unggul tidak hanya di daerah sendiri tapi juga bisa masuk di pasar nasional, Indonesia.

Artikel Terkait

Seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata dan dunia maya.