Friday, 6 April 2018

Mengenal Bro Rivai Center Lebih Dekat dan Akrab

Mengenal Bro Rivai Center Lebih Dekat dan Akrab

bimoaji.com - Apa yang kamu rasakan ketika mendapat undangan untuk menghadiri langsung acara spesial dari orang ternama, rasanya pasti bahagia sekali kan? tapi berbeda dengan ku yang malu-malu dan tidak percaya, tidak salah nih, pikirku. Ya, di hari selasa (3/4/2018) kemarin, saya mendapat undangan dari salah satu temanku, Ardan.

Undangan yang kumaksud adalah acara grand launching pembukaan Bro Rivai Center di Hotel Clarion, Kota Makassar. Senang dan bangga, soalnya sedikit banyaknya saya tahun dengan Bro Rivai yang merupakan bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan 2018-2023. Bingung, itulah yang kurasakan saat mendapat undangan ini, ternyata blogger yang diundang cuman diri ku seorang.

Tapi ya sudah, akhirnya saya berangkat juga malam itu. Datang masuk sebagai tamu dan dipersilakan duduk di kursi media, saya merasa jadi gugup sendiri. Apakah ini betulan, saya duduk diantara para pemimpin redaksi media sedangkan saya hanya seorang blogger biasa. Tidak hanya itu, sejauh mata memandang, kulihat tamu yang datang merupakan tokoh-tokoh besar di Makassar.

Sebagai pengenalan, Bro Rivai adalah sapaan akrab dari seorang putra Bone yang bernama lengkap DR. Ir. H. Abdul Rivai Ras, MM, MS, M.Si yang merupakan seorang perwira militer, akademisi, dan salah satu Pendiri Universitas Pertahanan (UNHAN) di Bogor.

Mengenal Bro Rivai Center Lebih Dekat dan Akrab

Karena jiwa sosialnya yang tinggi terhadap tanah kelahirannya dan juga Indonesia, akhirnya Bro Rivai mendirikan sebuah lembaga non profit bernama Bro Rivai Center (BRC) yang bertujuan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia di Sulawesi Selatan. Selain itu, BRC juga bertujuan mendorong gerakan perubahan yang konstruktif dan keberlanjutan dalam pembangunan nasional maupun daerah di era digital.

Tidak hanya itu, BRC juga bergerak sebagai partner dalam riset dan pengembangan gagasan pendidikan politik, keamanan, dan pembangunan secara menyuluruh. Sesuai dengan motto-nya Brotherhood, Freedom, and Resiliency, BRC ingin Mempromosikan nilai-nilai persaudaraan, kearifan lokal dan kebangsaan, serta mengawal kepemimpinan demokratik dan integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam pengabdian tanpa batas.

Terkait dengan program kerja BRC kedepannya, BRC akan mengadakan seminar dan workshop baik di kampus dan juga di publik secara umum, melakukan riset dan juga publikasi jurnal-jurnal ilmiah, melaksanakan program tanggap kemanusiaan, dan membuat Tudang Sipulung lintas generasi secara berkala.

Dalam melaksanakan misinya kedepannya, BRC akan ditopang oleh sumber-sumber yang sah dari hasil perusahaan keluarga dan kerabat Bro Rivai yang dialokasikan sebagai bagian dari Corporate Social Responsibilitiy (CSR) dan berbagai jaringan maupun relawan yang relevan, baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional.

Mengenal Bro Rivai Center Lebih Dekat dan Akrab

Tidak hanya itu saja, dalam launching semalam, acara peresmian BRC juga sekaligus dirangkaikan dengan peluncuran buku "Menjelajah Sulsel Tanpa Batas" yang ditulis sendiri oleh Bro Rivai. Buku ini menceritakan bagaimana dinamika pembangunan di Sulawesi Selatan beserta problematikanya mulai dari kota ke daerah terpencil di semua kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam peluncuran buku ini juga, Bro Rivai memanggil 7 orang dari tiap perwakilan seperti akademisi, ormas, lembaga kemahasiswaan, tokoh masyarakat, konsulat jenderal, dan LSM untuk menerima buku "Menjelajah Sulsel Tanpa Batas".

Tidak hanya sampai di situ saja, dalam acara semalam, sebagai bentuk apresiasinya terhadap kebudayaan Sulawesi Selatan, Bro Rivai juga menampilkan beragam kesenian, nyanyian dan tarian tradisional dari berbagai daerah di Sulawesi Selatan. Yang paling menarik perhatianku semalam adalah saat tarian dari Toraja di tampilkan, rasanya benar-benar mengagumkan.

Sebagai penutup, acara yang dibawakan oleh artis senior Sony Tulung menampilkan penyanyi ibukota yang sudah terkenal yaitu Nia Daniati yang berkolaborasi dengan Bro Rivai dan tamu lainnya untuk bernyanyi bersama-sama. Dan Itulah rangkaian acara saat Launching BRC semalam, rasanya benar-benar seru, ku harap peresmian BRC ini akan memberikan dampak dan energi positif terhadap isu pembangunan dan politik di tanah air.

Artikel Terkait

Seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata dan dunia maya.