Monday, 9 October 2017

5 Hal Yang Sulit Kamu Temukan Ketika Liburan Di Makassar

5 Hal Yang Bakl Sulit Kamu Dapatkan Ketika Liburan Di Makassar

bimoaji.com - Pesatnya pembangunan di kota Makassar beberapa tahun terakhir terlihat cukup signifikan, tak terkecuali pada sektor pariwisata. Beragam tempat wisata baru kini menawarkan spot-spot keren dan instagenic untuk mengabadikan setiap momen spesial. Hal ini pula yang menjadikan kota ini makin ramai dikunjungi para traveler.

Tapi dibalik pesatnya perkembangan kotanya, ada saja sesuatu yang sulit ditemukan bagi traveler saat sedang berlibur di Makassar. Dari pengalaman traveling sebelumnya di pulau Jawa, saya menemukan beberapa hal yang ada di Jawa tapi tidak ada di Makassar. Mau tahu apa saja itu? Ini dia 5 hal yang bakal sulit kamu di Makassar.


1. Kamu Bakalan Sulit Menemukan Rumah Makan Yang Menawarkan Menu Vegetarian


5 Hal Yang Bakal Sulit Kamu Dapatkan Ketika Liburan Di Makassar
Yakin gak mau coba makan coto ini? | Image Source : instagram.com/cathysie

Buat kamu yang doyan makananan dengan olahan sayur-sayuran dan buah-buahan sepertinya harus gigit jari. Soalnya kebanyakan kuliner khas di Makassar berbahan dasar daging dan ikan, contohnya coto makassar, pallubasa, sop konro, dan pallumara.

Tapi kalau kamu mau mencoba kuliner khas Makassar lainnya, coba saja jajanan daerah seperti pisang ijo, pisang epe, atau barongko yang bisa jadi pilihan favoritmu. Jangan lupa juga untuk mencoba minuman khas Makassar seperti sarabba.


2. Keliling Kota Itu Enaknya Naik Kendaraan Saja Soalnya Di Sini Tidak Ada Jalur Khusus Sepeda


5 Hal Yang Bakal Sulit Kamu Dapatkan Ketika Liburan Di Makassar
Daripada macet di jalanan mending lewat sawah lebih cepat | Image Source : instagram.com/rizaputra08

Datang ke kota besar seperti Makassar, rasanya kurang afdol kalau tidak mengunjungi setiap tempat menarik di sudut kotanya. Apalagi bisa menikmati keindahannya dengan bersepeda bersama teman-teman lainnya. Ada banyak spot yang bisa kamu kunjungi di Makassar seperti Kawasan Kota Tua, Pantai Losari, Pecinan, hingga Lapangan Karebosi.

Tapi sayang untuk mencapai tempat itu dengan bersepeda kayaknya kamu harus berjuang berhimpitan dengan kendaraan lain di kondisi jalanan yang macet. Jadi, daripada kamu panas-panasan dan menghirup udara yang penuh emisi gas kendaraan, mending naik kendaraan saja, kecuali kalau kamu nekat. Kamu bisa mencoba naik Bus Trans Makassar yang sudah menjangkau semua rute di Makassar.


3. Enaknya Sih Keliling Kota Naik Motor Tapi Sayang Di Sini Jarang Ada Tempat Penyewaan Motor


Cari sewa tidak dapat, mendingan order Gojek aja | Image Source : instagram.com/uwibama

Sebenarnya kalau mau lebih puas menikmati keindahan yang ada kota Makassar, kamu bisa menggunakan sepeda motor. Selain lebih efisien waktu juga lebih hemat biaya perjalanan. Tapi sayangnya di Makassar tidak banyak orang yang membuka jasa penyewaan motor seperti di kota-kota besar yang ada di Jawa.

Sebenarnya ada sih tapi lebih ke penyewaan pribadi antar dua pihak dan tentunya harganya malah jauh lebih mahal dibanding dengan penyewaan yang ada di Jawa. Makanya kebanyakan wisatawan yang datang ke Makassar lebih memilih untuk merental mobil yang harga sewanya lebih terjangkau.


4. Mau Cari Kost Harian Buat Liburan Mending Pilih Hotel Saja Deh


5 Hal Yang Bakal Sulit Kamu Dapatkan Ketika Liburan Di Makassar
Kalau ini kost rasa hotel | Image Source : instagram.com/agusgammar

Salah satu hal yang wajib ada dalam list liburan seseorang ketika ke kota besar adalah dimana mereka menginap. Bagi wisatawan yang mempunyai tabungan besar mungkin akan lebih memilih hotel sebagai tempat istirahat mereka. Tapi bagi backpacker, tentunya akan mencari tempat penginapan yang murah, seperti kost harian.

Dan jika kamu memilih Makassar sebagai target liburanmu tahun ini, saya sarankan lebih baik kamu memilih hotel saja. Soalnya untuk mencari kost harian di sini terbilang sulit didapatkan. Kalaupun ada, harganya hampir sama dengan harga sewa kamar hotel. Apalagi sekarang kamu sudah bisa booking hotel lewat ponselmu.


5. Mau Traveling Ke Daerah Lain Di Sekitar Makassar Coba Cek Informasinya Di Media Sosial


5 Hal Yang Bakal Sulit Kamu Dapatkan Ketika Liburan Di Makassar
Traveling itu candu, Pulau Panambungan, Pangkep | Image Source : instagram.com/ameeku

Sebenarnya banyak sekali destinasi wisata daerah yang sayang sekali kamu lewatkan jika berlibur ke Makassar. Ada Kawasan Hutan Malino di Gowa, Pantai Bira di Bulukumba, Tradisi Rambu Solo di Toraja, dan masih banyak lagi tempat wisata menarik lainnya yang ada di sekitar Makassar. Kamu bisa menemukan info-infonya di website resmi dinas periwisata Sulawesi Selatan.

Tapi sayang, beberapa info yang disajikan terasa kurang update sehingga mungkin kita hanya menemukan tempat-tempat wisata yang sudah terkenal saja. Padahal sebagai traveler, jiwa petualang ini selalu ingin mendatangi suatu tempat baru yang menarik.

Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa menemukan info-info menarik itu di beberapa akun-akun media sosial anak Makassar. Salah satunya akun Visit Sulawesi yang selalu update menyajikan informasi tentang tempat wisata terbaru di sulawesi Selatan.


Akhir Kata


Itulah beberapa 5 hal yang mungkin bakal sulit kamu temukan di Makassar. Tapi jangan jadikan hal ini sebagai alasan kamu mengurungkan niat berkunjung ke Makassar. Soalnya banyak hal menarik lainnya yang mungkin belum pernah kamu dapatkan dari Kota-kota Lainnya. Jadi kapan nih, kamu jalan-jalan ke Makassar?

Artikel Terkait

Namaku Bimo Aji, seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata ataupun dunia maya.