Saturday, 30 September 2017

8 Tren Layanan Informasi Geospasial Di Sekitar Kita

8 Tren Layanan Informasi Geospasial Di Sekitarmu

bimoaji.com - Di zaman yang serba cepat ini, kita membutuhkan berbagai teknologi yang dapat memudahkan kehidupan kita, salah satunya adalah informasi geospasial. Secara umum, geospasial adalah media yang memungkinkan kita untuk melakukan banyak hal misalnya melihat peta dan mendapatkan penunjuk arah lokasi dimanapun.

Kamu pasti sudah tidak asing dengan Google Maps. Itu adalah salah satu dari beberapa layanan informasi geospasial yang siapapun bisa menggunakannya untuk mencari rute dalam perjalanan, menemukan lokasi keren di sekitarmu, dan berbagi informasi menarik tentang tempat yang sudah dikunjungi.

Saat ini, informasi geospasial sudah banyak tersedia dalam berbagai bentuk layanan yang akan bisa kamu akses lewat smartphone. Semua kemudahan ini bisa membantumu untuk mendapatkan informasi terupdate di sekitar lokasimu atau bahkan kota lain di Indonesia bahkan dunia.

Berikut ini adalah beberapa layanan geospasial yang kamu gunakan untuk mendukung kegiatanmu.


8 Tren Layanan Geospasial Untuk Hidupmu


1. Temukan dan Bagikan Tempat Favoritmu


Temukan dan Bagikan Tempat Favoritmu
Temukan tempat baru dan bagikan ke temanmu | Image Source : stocksnap.io

Simpan semua momen menarikmu saat liburan atau promosikan tempat-tempat yang baru saja kamu temui melalui aplikasi peta online yaitu Google Maps. Dengan menggunakan Google Maps, secara tidak langsung, kamu sudah ikut berpartisipasi dalam menyebarkan informasi tentang tempat-tempat baru seperti spot traveling ataupun lokasi menarik lainnya yang ada di sekitarmu.


2. Mudahnya Memesan Transportasi Online


Mudahnya Memesan Transportasi Online
Neng yang pesan gojek yah? | Image Source : instagram.com/gojekindonesia

Mau bepergian kemanapun, sekarang tida usah khawatir lagi. Dengan layanan transportasi online seperti Grab, Go-Jek, dan Uber, kamu bisa mengatur lokasi penjemputanmu dimana saja dengan mudah. Cukup dengan Tag Location di aplikasi, maka driver yang kamu panggil akan langsung menjemput dan mengantarmu ke sampai tujuan dengan aman.


3. Pantau Arus Lalu Lintas Secara Real-Time


Pantau Arus Lalu Lintas Secara Real-Time
Cek dulu jalanannya biar tidak kena macet | Image Source : stocksnap.io

Bingung, mau keluar bepergian tapi takut terjebak macet di jalan. Tenang saja, dengan aplikasi Waze di smarphone, kini kamu tidak perlu lagi khawatir soal kemacetan. Dengan informasi real-time, kamu bisa melihat jalur mana yang sedang mengalami kemacetan detik itu juga, mencari rute alternatif, dan bahkan memantau arus jalanan yang sedang ada operasi kendaraan bermotor.


4. Pesan Kamarmu Sekarang Sebelum Menginap


Pesan Kamarmu Sekarang Sebelum Menginap
Pesan hotel dimana pun dan kapan pun | Image Source : instagram.com/traveloka

Dulu, saat kita ingin traveling ke kota lain, satu hal yang paling membuat repot adalah mencari penginapan yang murah dan nyaman. Kini, masalah itu bukan lagi hal yang berat dilakukan. Dengan hadirnya aplikasi booking hotel seperti Traveloka, Trivago, dan Airy Rooms, memesan kamar hotel menjadi lebih mudah dan cepat.

Bukan hanya itu, buat kamu yang mau menginap dengan biaya lebih murah dengan jangka waktu lama, sekarang sudah ada aplikasi yang namanya MamiKost. Tinggal cari lokasinya sesuai pilihanmu, pilih kamarnya sesuai seleramu, dan nikmati semua fasilitas layaknya anak kost-an.


5. Cari Tahu Info Cuaca dan Bencana Secara Akurat


Cek Kondisi Cuaca Dulu
Mau liburan tapi cuacanya mendung begini | Image Source : republika.co.id

Saat ini, kebutuhan informasi tentang cuaca dan bencana sangat diperlukan oleh semua orang. Dengan hal ini, kita jadi tahu bagaimana prakiraan kondisi iklim dan lingkungan kita bagaimana hari ini dan esoknya. Sekarang sudah hadir aplikasi dari BMKG yang menginformasikan kondisi cuaca, kualitas udara, serta informasi gempa bumi secara akurat sesuai lokasimu berada.

Selain itu ada juga aplikasi dari BNPB yang berisi informasi seputar bencana alam seperti kejadian kejadian bencana banjir, bencana longsor, bencana kekeringan, bencana gempa bumi, hingga ancaman bencana tsunami. Tidak hanya itu, di aplikasi ini juga menampilkan data bencana terbaru yang melanda Indonesia.


6. Cari Tahu Rute Transportasi Umum


Cari Tahu Rute Transportasi Umum
Perjalanan paling menyenangkan adalah di busway | Image Source : instagram.com/grinsant

Walaupun sekarang ini layanan transportasi online banyak digandrungi masyarakat Indonesia khususnya kota-kota besar, tapi kenyataannya tidak sedikit juga orang lebih memilih naik transportasi umum. Alasannya beragam mulai harganya yang ekonomis, senang bertemu dengan orang baru, dan lainnya.

Nah dengan adanya aplikasi Apaja, kamu bisa mencari tahu rute mana saja Busway Trans Jakarta beroperasi beserta koridor halte yang dilaluinya. Ada juga aplikasi BajaiApp buat yang ingin nostalgia bareng dengan naik bajaj keliling ibukota.


7. Jadilah Pelopor Semangat Cepat Tanggap


Menjadi Pelopo Semangat Cepat Tanggap
Jangan ambil hak kami untuk tempat jualanmu | Image Source : instagram.com/qluesmartcity

Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi smartphone yang terintergrasi dengan informasi geospasial. Sebagai warga Indonesia, harusnya kita bisa memanfaatkannya untuk memajukan daerah kita.

Contohnya, ada aplikasi Qlue yang berfungsi memberitahukan ke pemerintah untuk menindaklanjuti pelanggaran pembangunan ataupun sosial di lingkungan masyarakat. Ada juga aplikasi Lapor yang merupakan layanan pengaduan online terhadap program pembangunan dan pelayanan publik berbasis media sosial.


8. Informasi Geospasial Untuk Penataan Ruang


Informasi Geospasial Untuk Penataan Ruang
Sang Fajar Menyapa Kampung Dieng Kulon | Image Source : instagram.com/idntravel

Penataan ruang adalah salah satu contoh aplikasi informasi geospasial yang nyata. Penyelenggaraan penataan ruang wilayah harus dilakukan secara komprehensif, holistik, terpadu, efektif, dan efsien dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan. Penyusunan suatu rencana tata ruang memerlukan informasi yang akurat baik itu yang bersifat spasial maupun non spasial.

Dan untuk mewujudkan hal ini, Badan Informasi Geospasial (BIG) mempunyai peran penting dalam menyediakan data-data spasial yang selanjutnya akan digunakan dalam penyusunan dan pengambilan keputusan Rencara Tata Ruang (RTR) di semua wilayah Indonesia. Untuk itu, peran geospasial bukan hanya sekedar data saja tapi juga sebagai pondasi awal membentuk penataan ruang yang kompleks.


Akhir Kata


Secara sederhana, geospasial adalah sebuah peta lokasi yang tersedia secara online maupun offline. Tapi di zaman sekarang ini, kebutuhan geospasial sudah tumbuh begitu pesat hingga melahirkan berbagai macam aplikasi yang membantu semua kebutuhanmu.

Semua hal-hal baru ini telah menjadi lebih ringkas bagi pengguna smartphone. Sekarang, informasi geospasial bisa kamu nikmati dimanapun dan kapanpun di layar ponselmu.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana peran geospasial bagi kebutuhan hidup kita. Sekarang tidak perlu khawatir lagi kalau sedang bepergian. Yuk bagikan momen dan ceritamu dengan menggunakan semua layanan geospasial yang sudah ada.

Artikel Terkait

Namaku Bimo Aji, seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata ataupun dunia maya.