Saturday, 12 August 2017

5 Cara Menjadi Blogger Cerdas Dengan Internet Cepat


bimoaji.com - Hampir setiap orang kini menggunakan internet di setiap kegiatannya. Melalui teknologi tersebut, kamu bisa dengan mudah berbagi dan mengakses ribuan informasi yang tersedia. Bahkan kini semua informasi-informasi dapat di temui dengan mudah di timeline media sosial ataupun blog.

Namun, di balik sisi positif manfaat internet, rupanya ada efek negatif yang ditimbulkannya, salah satunya adalah hoax. Sebagai pengguna internet, tentunya adalah hal yang wajib memilah-milah informasi agak tidak termakan dengan konten negatif yang tersebar di dunia maya.

Apalagi bagi kamu yang berkecimpung di dunia blogging, pastilah harus lebih ekstra hati-hati dalam menulis dan membagikan sebuah konten kepada pembacanya. Untuk itu, blogger dituntut untuk teliti dalam menulis konten agar bisa membagikan konten yang bermanfaat dan mencerdaskan pembacanya.

Dalam kegiatan ngeblog pun dibutuhkan koneksi internet cepat untuk bisa mengakses blog dan membuat konten. Untuk urusan paket internet, pilihan saya jatuh kepada Smartfren 4G yang mendukung jaringan 4G LTE pada jaringan 850 MHz dan 2.300 MHz. Jadi online dimanapun jaringannya tetap lancar.

Sebagai blogger, saya sendiri pun harus terus belajar cerdas dan melek cara pemanfaatan internet untuk hal-hal positif. Karena kegiatan di blog dan sosial media yang dilakukan adalah tentang berbagi. Inilah hal-hal yang perlu diperhatikan para blogger dalam membuat konten yang inspiratif bagi pembacanya.


5 Cara Menjadi Blogger Cerdas


1. Sebarkanlah Informasi Yang Bermanfaat


Image Source : instagram.com/smartfrenworld

Hadirnya media sosial ternyata tidak membuat eksistensi blog tenggelam di internet. Justru sebaliknya, Blog kini menjadi media yang makin digandrungi semua netizen. Di dalam blog, kita bebas menulis apapun yang kita sukai seperti sebuah diari digital. Tapi kebebasan dalam ngeblog tidak serta merta membuat kita melupakan etika penulisan.

Tidak semua hal dapat kita tulis, apalagi jika isinya seperti menyebarkan konten hoax atau ujaran kebencian kepada pihak tertentu. Sebaik-baiknya blogger adalah yang menulis konten bermanfaat kepada pembacanya. Tidak perlu menjadi orang lain, cukup tuliskan pengalaman atau hobimu di blog maka siapa tahu akan memberi informasi positif bagi pembacamu.


2. Jauhi Konten Bernada Hate Speech


Image Source : instagram.com/smartfrenworld

Sebisa mungkin jangan pernah memuat hal yang bernada Hate Speech di blog. Kenapa? karena ini bisa memicu perang komentar bukan hanya di dunia maya tapi juga melanggar UU ITE di dunia nyata. Pahamilah, walaupun kita tidak suka dengan sesuatu, jangan pernah sekali-kali menunjukkan ketidaksukaan itu secara blak-blakan di blog.

Karena sesuatu yang sudah terpublikasi di internet akan cepat menyebar dan dapat mengundang rasa penasaran netizen. Lagipula, apa dengan memuat konten seperti itu akan menaikkan derajatmu di dunia blogging, yang ada malah akan merugikanmu secara mental karena diserang oleh hujatan netizen yang tidak sependapat denganmu.


3. Blogger Adalah Mediator


Image Source : instagram.com/smartfrenworld

Pernahkah kamu mendengar tentang 'Surat Terbuka' di beberapa blog belakangan ini? Apa tujuannya hingga banyak blogger sering membuat 'Surat Terbuka'?. Jawabannya adalah untuk menyampaikan dan menjembatani aspirasi masyarakat secara online lewat tulisan blog kepada pihak terkait.

Dengan kekuatan 'Surat Terbuka' dari para blogger ini, biasanya pesan yang tertulis akan cepat menyerap perhatian masyakarat apalagi kalau isinya dibumbui dengan gaya penulisan ciri khas blogger tersebut. Biasanya pembaca akan cepat merespon dan mendukung maksud tulisan blogger.

Dengan menjadi mediator, setidaknya blogger dapat menjadi pihak yang mampu melindungi lingkungan sekitarnya menuju kearah lebih baik. Tentunya dengan niat dan tujuan yang baik pula.


4. Jadilah Promotor UKM Lokal


Image Source : instagram.com/smartfrenworld

Mungkin hal ini terdengar asing, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba. Dengan turut langsung mempromosikan UKM lokal daerahmu, itu berarti secara tidak langsung membantu mereka untuk terus berkarya dalam dunia usahanya. Mungkin kamu bisa memuat ulasan tentang produknya atau cara pembuatan produksinya.

Jangan sungkan, hal baik bisa kamu selalu kamu temukan dimana saja, bahkan dengan membantu mempromosikan UKM lokal. Siapa tahu dengan begitu pertumbuhan produksi UKM lokal akan berkembang pesat kedepannya.


5. Jadikan Wisata Daerahmu Mendunia


Image Source : instagram.com/smartfrenworld

Sekarang ini berita tentang traveling lagi hangat-hangatnya. Banyak traveler sedang mencari sebuah tempat wisata unik yang belum banyak orang datangi sebelumnya. Disinilah peran blogger menjadi media referensi bagi mereka yang mencari tempat wisata menarik. Kamu bisa mempromosikan wisata daerahmu lewat tulisan blog.

Tidak hanya tempat wisata tapi juga kebudayaan atau bahkan kuliner khas daerahmu. Semakin banyak, maka akan semakin menarik rasa penasaran mereka untuk datang langsung ke daerahmu. Mulailah dengan tulisanmu untuk menjadi daerahmu kian dikenal oleh dunia. Siapa tahu banyak orang tergerak juga melakukan hal yang sama sepertimu.


Akhir Kata


Itulah 5 hal yang dapat kamu lakukan sebagai blogger yang inspiratif. Tentunya, dengan kuota internet dari Smartfren 4G 100%, kamu bisa membantu menyebarkan kebaikan dimana saja serta mencerdaskan siapa saja. Ayo sekarang sebarkan energi positif lewat karya-karya kita sebagai Blogger untuk Indonesia cerdas.


Artikel Terkait

Namaku Bimo Aji, seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata ataupun dunia maya.