Thursday, 10 August 2017

8 Hal Menarik Saat Kunjungan Ke Pabrik Bosowa Semen

Hal-hal Menarik Saat Kunjungan Ke Pabrik Bosowa Semen

bimoaji.com - Pernahkah kamu terpikirkan di suatu waktu kamu bekerja di sebuah perusahaan besar yang bergerak di bidang industri. Dimana tiap jam yang kamu kerjakan akan mengakrabkanmu dengan alat-alat berat, jaringan komputer, dan kegiatan lapangan. Tentunya sangat menyenangkan, selain dapat pengalaman baru di tempat kerja juga lebihmendekatkanmu dengan lingkungan.

Makassar dikenal sebagai salah satu daerah yang menjadi pusat industri di Sulawesi Selatan. Banyak proyek besar mulai berjalan sejak tahun 2010-an lalu untuk memajukan infrastruktur, sarana, dan prasarana kota ini. Tidak salah jika Makassar disebut sebagai kota metropolitan terbesar di Kawasan Indonesia Timur.

Dari sekian banyak industri di Makassar, saya selalu penasaran ingin melihat langsung kawasan industri semen lokal Makassar. Dan tanpa disangka-sangka, akhirnya kesempatan itu datang juga. Melalui acara Media Gathering dan Plant Visit, Bosowa Semen mengundang teman-teman media dan blogger untuk berkunjung secara langsung ke pabrik Bosowa.

Dalam acara ini, saya mendapat banyak informasi yang berhasil menambah wawasan tentang dunia industri pabrik semen. Kunjungan ini sukses membuka mata saya akan banyak hal yang selama ini belum pernah saya tahu sebelumnya. Apakah itu? Simak di bawah ini.


Hal-hal Menarik di Pabrik Bosowa Semen




1. Konsep Acara Yang Tidak Biasa


Hal-hal Menarik Saat Kunjungan Ke Pabrik Bosowa Semen
Image Source : Abby Onety's Photo

Hal pertama yang menjadi daya tarik dari sebuah acara adalah konsep kegiatannya. Untuk acara Bosowa Semen sendiri termasuk unik. Pada umumnya, pabrik biasanya menerima kunjungan dari kalangan orang-orang yang berkepentingan khusus yang tentunya terkait kegiatan industri ataupun bisnis, tapi Bosowa malah sebaliknya,

Acara Media Gathering and Plant Visit justru menjadi ajang berkumpulnya orang-orang kepo si aktifis dunia maya--seperti media dan blogger, yang tidak secara khusus berurusan dengan dunia persemenan sebelumnya yang dijadwalkan bertemu langsung dengan jajaran direksi Bosowa Semen dan melihat langsung bagaimana pabrik semen beroperasi.

Menurut Saya, kegiatan seperti ini perlu terus dijalankan di tahun-tahun berikutnya. Hal ini tentunya sebagai langkah jitu yang berdampak besar untuk menaikkan eksistensi Bosowa Semen di dunia maya, yaitu dunia yang kini tengah menjadi salah satu sumber referensi yang paling banyak digandrungi masyarakat Indonesia.


2. Mengupas Semua Sisi Bosowa Semen


Hal-hal Menarik Saat Kunjungan Ke Pabrik Bosowa Semen
Image Source : instagram.com

Salah satu sesi yang paling ditunggu dalam acara ini adalah sesi diskusi dengan para jajaran direksi Semen Bosowa yang diantaranya ada Bapak Rachmat Kaimuddin selaku Managing Director of Bosowa Semen. Dalam diskusi ini, Pak Rachmat menjelaskan tentang seluk beluk pabrik Bosowa Semen mulai dari sejarah berdirinya pabrik, layout pabrik, proses produksi, hingga bahan baku.

Selain itu, Pak Rachmat juga menjelaskan secara detail tentang profil perusahaan Bosowa Semen secara umum, status perusahaan, pangsa pasar dalam dunia persemenan, dan potret industri semen nasional. Dari semua informasi itu saja, saya baru tahu ternyata industri semen itu seperti apa dan segala kondisinya dalam bisnis persemenan.

Tapi ada satu hal yang tidak kalah penting dalam diskusi dengan Pak Rachmat yaitu tentang program CSR dari Bosowa Semen. Dalam pemaparannya, Bosowa Semen sudah memiliki program bernama Bosowa Foundation yang kegiatannya berfokus terhadap bidang pendidikan, kemanusiaan, dan kebudayaan sebagai bentuk fungsi sosial perusahaan terhadap kesejahteraan dan peningkatan kualitas SDM di Indonesia, khususnya di wilayah Indonesia Timur.

Salah satu bentuk kepeduliaan program CSR, Pak Rachmat pun mengundang beberapa perwakilan dari masyarakat Desa Baruga--tempat dimana pabrik Bosowa Semen berdiri, untuk menerima bantuan penerimaan 383 unit jamban berbasis masyarakat.. Dari diskusi ini, saya rasa bahwa sesi inilah yang paling lengkap sekaligus seru untuk tahu segala sesuatu tentang Bosowa Semen secara langsung.

Hal-hal Menarik Saat Kunjungan Ke Pabrik Bosowa SemenHal-hal Menarik Saat Kunjungan Ke Pabrik Bosowa Semen


3. Touring Pabrik Bosowa Semen


Hal-hal Menarik Saat Kunjungan Ke Pabrik Bosowa Semen
Image Source : Suryani's Photo

Bukan kunjungan industri namanya kalau tidak turun langsung melihat mesin-mesin pabrik semennya. Jadi setelah selesai diskusi, semua peserta diajak berkeliling melihat-lihat bagaimana pengolahan pabrik mulai dari penambangan hingga penggilingan. Jangan pernah sekali-kali membayangkan pabrik Bosowa Semen ini sebagai sebuah pabrik raksasa di tanah eksklusif area industri. Sama sekali tidak!

Pabrik ini justru sangat dekat dengan sawah penduduk, sumber pengairan (sungai), dan pohon-pohon hijau di sekitar area pabrik. Selama perjalanan, peserta mendapat penjelasan dari staf lapangan Bosowa Semen tentang bagaimana proses produksi semen dari penyiapan bahan baku kemudian dihancurkan menjadi Raw Meal (bahan setengah jadi) yang selanjutnya akan di proses di dalam Klinker, penggilingan, hingga proses pengepakan semen. Semua prosesnya dapat peserta lihat langsung di mesin pabriknya.

Jadi intinya, untuk memproduksi semen hal pertama yang harus dicari adalah bahan bakunya yang berupa batuan kapur. Batuan ini selanjutnya akan ditambang kemudian di leburkan menjadi bagian-bagian kecil untuk di bakar dalam Klinker. Setelah selesai, kemudian semen dihaluskan dengan cara digiling sebelum akhirnya masuk dalam mesin pengepakan dan didistribusikan dalam pasar perdagangan bahan industri.


4. Memonitoring Kinerja Mesin Dalam CCR


Hal-hal Menarik Saat Kunjungan Ke Pabrik Bosowa Semen
Image Source : Bimo Aji's Photo

Selain diajak turun langsung ke lapangan pabrik, semua peserta juga diajak untuk melihat langsung kecanggihan teknologi yang mengoperasikan mesin-mesin pabrik. Dan ternyata yang dimaksud adalah Central Control Room (CCR). Jadi walaupun pabrik ini terdiri dari bangunan-bangunan besar dan alat-alat super berat, jangan heran kalau semuanya minim pekerja operator lapangan.

Ternyata semua pekerjaan ini dikendalikan oleh operator yang berada di Central Control Room (CCR). Para operator ini bertugas tidak hanya menjalankan mesin tapi juga mengawasi proses pengerjaan mesin. Sehingga jika terjadi trouble di mesin, mereka akan langsung menghentikan operasi mesin untuk sementara waktu dan melaporkan kendala mesin kepada teknisi lapangan.


5. Tidak Semua Penambangan Semen Merusak Lahan


Hal-hal Menarik Saat Kunjungan Ke Pabrik Bosowa Semen
Image Source : Bimo Aji's Photo

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya seperti ini, apakah benar dengan berdirinya pabrik semen dapat merusak lingkungan? Kalau boleh saya katakan, jawabannya adalah tidak. Kenapa? Untuk menjawabnya, mari kita urutkan dari awal. Seperti yang kita ketahui bahwa bahan baku untuk membuat semen adalah batuan kapur. Dan pabrik Bosowa Semen berdiri di areal yang terdapat batuan kapur yang melimpah.

Kalau dihubungkan mungkin kita akan berpikir sudah pasti penambangannya akan lancar terus. Semakin luas penambangannya semakin habis batu kapur semakin rusak lingkungan kita. Secara teori memang iya, tapi kita harus tahu juga regulasinya bagaimana. Mari kita diskusikan hal ini. Kamu pasti pernah mendengar tentang adanya lahan produktif dan lahan non produktif kan.

Lahan produktif adalah lahan yang subur yang cocok dijadikan lahan pertanian, sedangkan lahan non-produktif adalah sebaliknya. Kawasan Karst (batuan kapur) merupakan area bebatuan yang termasuk dalam lahan non-produktif, jadi tidak cocok dijadikan lahan pertanian. Daripada area ini dibiarkan kosong, lebih baik hasil alamnya dijadikan sebagai bahan baku pembuatan semen.

Untuk penambangannya pun tidak serta merta bebas dilakukan, ada peraturan yang menjadi dasar hukumnya. Untuk Bosowa Semen, dalam peraturan pemerintah Sulawesi Selatan menurut Pak Rachmat, area penambangan Karst (batu kapur) boleh dilakukan di area yang jauh dari permukiman dengan jangka waktu yang sudah ditentukan antara pemerintah dengan perusahaan.

Selain itu, selama masa produksi, pabrik juga harus melindungi lingkungan sekitar agar tidak terjadi degradasi lingkungan akibat dari kegiatan penambangan seperti limbah atau sampah-sampah industri lainnya, serta memberdayakan dan mensejahterakn masyarakat sekitar pabrik melalui tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Kalau kita mau berpikir maju, sumber alam kita kan melimpah, daripada dikelola oleh pihak asing yang belum tentu mematuhi peraturan dan hukum, lebih baik produksi hasil alam dikelola oleh perusahaan asli Indonesia. Apalagi Bosowa Semen merupakan perusahaan lokal yang berasal dari Makassar, tanah lahirnya sendiri. Jadi tidak perlu diragukan lagi kegiatannya.


6. Pabrik Bosowa Semen Menerapkan Green Industry


Hal-hal Menarik Saat Kunjungan Ke Pabrik Bosowa Semen
Image Source : Suryani's Photo

Hari gini punya perusahaan besar tapi masih merusak lingkungan? tentu saja tidak bagi Bosowa Semen. Kenapa? Karena dalam pembangunan pabrik ini, Bosowa Semen selalu memikirkan bagaimana caranya menciptakan suasana perusahaan yang ramah lingkungan. Dan Bosowa Semen sukses melakukan langkah itu dengan baik. Apa saja itu?

Yang pertama adalah dengan membangun Green Belt. Green Belt adalah deretan pepohonan yang panjang seperti membentu sebuah sabuk raksasa di sekitar pabrik. Tujuannya adalah menciptakan zona pembatas antara pabrik dengan lingkungan sekitarnya yang berfungsi untuk mengikat debu yang beterbangan dengan pepohonan yang rindang.

Selanjutnya, yang kedua adalah membangun sebuah alat penghisap udara kotor di tengah-tengah pabrik yang tujuan untuk membersihkan udara di sekitar area pabrik agar tidak melewati batas ambang maksimum emisi udara yaitu 80 mg/Nm3. Selain itu, Bosowa Semen juga memiliki tata kelola sumber daya air dengan membangun recirculation, water reservoir, dan waste management di area pabrik.


7. Sponsor Utama Klub Sepakbola


Hal-hal Menarik Saat Kunjungan Ke Pabrik Bosowa Semen
Image Source : instagram.com

Menurutmu, apa yang membuat sebuah perusahaan layak dikatakan sukses? terkenal, mendapat keuntungan yang berlimpah, atau pesatnya pertumbuhan pemasaran produknya? Tentulah semua hal yang saya katakan adalah hal penting untuk sebuah perusahaan. Tapi menurut saya, ada hal lain yang membuat kesuksesan sebuah perusahaan jauh lebih diperhitungkan.

Jawabannya adalah bagaimana kiprah perusahaan tersebut secara sosial pada masyarakat. Sebuah perusahaan yang sukses tentu saja harus punya rekam jejak yang baik di hati masyarakat terdekatnya. Dan Bosowa Semen sukses melakukan hal ini dengan menjadi sponsor utama sebuah klub sepakbola asal Makassar yaitu PSM.

PSM adalah klub sepakbola kebanggaan masyarakat Makassar. Bahkan tak jarang, orang diluar Makassr pun menjad fans klub ini. Tidak sulit untuk mengenal klub ini, karena di setiap pertandingan, PSM selalu mengenakan jersey berwarna merah menyala. Coba kamu perhatikan, siapa nama sponsor yang tercetak jelas di jersey bagian depannya. Benar, itu adalah Bosowa Semen.

Perlu kamu tahu juga ternyata bahwa Bosowa Semen sudah menjadi sponsor utama PSM sejak 7 tahun terakhir. Menjadi sponsor klub sepakbola, tentunya merupakan bentuk kepedulian Bosowa Semen untuk mendukung prestasi anak-anak Makassar dalam bidang olahraga. Dan ini juga merupakan salah satu kesuksesaan terbesar bagaimana sebuah perusahaan lokal mampu menjadi pendukung utama klub daerahnya.


8. Kerja Nyata Bosowa Dalam Pembangunan Infrastruktur


Hal-hal Menarik Saat Kunjungan Ke Pabrik Bosowa Semen
Image Source : instagram.com

Bukan hanya sekedar slogan 'Membangun Impian' saja, ternyata Bosowa Semen berani menegaskan dirinya untuk turut serta membantu pembangunan infrastruktur Indonesia yang diantaranya di sukses membangun infrastruktur di Sulawesi Selatan yaitu Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Menara Bosowa, Jalan Tol Seksi 4, Bendungan Bili – Bili, PLTU Jeneponto, dan PLTU Takalar.

Sedangkan untuk wilayah di luar Sulawesi, Bosowa berhasil membangun pembangunan Bandara Internasional Lombok, Bandara Sepinggan Balikpapan, Bandara Ngurah Rai Bali, Ringroad Danau Sentani Papua, Jembatan Mahakam Kalimantan Timur, dan Universitas Batam. Semua ini adalah bentuk kerja nyata Bosowa Semen untuk Indonesia lebih maju, tutur pak Rachmat.



Akhir Kata


Menurut saya, Bosowa Semen kini berhasil membuktikan diri bahwa mereka bukanlah perusahaan yang angkuh atau kejam kepada masyarakat. Justru sebaliknya, perusahaan ini berhasil menciptakan aura persahabatan yang kental bagi siapapun yang datang termasuk media dan blogger.

Jajaran direksi yang bersedia duduk diskusi bersama dengan media dan blogger yang super kepo, menjawab semua rasa penasaran media dan blogger dengan pemaparan detail dan terperinci, serta tidak segan membuka dapur mereka untuk kami eksplor seluas-luasnya.

Dengan semua hal yang telah saya dapat dan rasakan selama berkunjung ke pabrik Bosowa Semen, saya ingin mengumpamakan Bosowa Semen ini seperti seorang sahabat yang baik dan sangat peduli dengan siapa saja.

Semoga kedepannya, Bosowa Semen sukses menebar kebaikan-kebaikan lainnya untuk terus berjaya di Sulawesi Selatan saja tapi juga seluruh Indonesia. Tentunya, dengan tujuan mulia yang ingin terus memajukan bangsa Indonesia melalui pembangunan infrastruktur.

Artikel Terkait

Namaku Bimo Aji, seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata ataupun dunia maya.