Wednesday, 2 August 2017

5 Hal Yang Membuatmu Tidak Cocok Jadi Blogger

5 Hal Yang Membuatmu Tidak Cocok Jadi Blogger

bimoaji.com - Sejak era internet mulai berkembang, segala akses informasi mulai mudah didapatkan. Tidak hanya mencari informasi, kitapun bisa saling berbagi informasi di internet. Melalui blog, kini semua orang bisa memiliki website pribadi dengan mudah. Cukup dengan mendaftarkan email, jadilah akun blog dan kita sudah menjadi seorang blogger.

Menjadi seorang blogger terkenal tentu menjadi impian banyak orang. Jangankan kamu, saya sendiri punya keinginan seperti itu. Tapi untuk mencapainya tidak semudah dibayangkan. Coba lihat beberapa blog-blog para master yang kamu kenal, bukan cuman 1 atau 2 bulan mereka membangun blognya, boleh jadi hingga bertahun-tahun.

Tapi perlu diingat, menjadi seorang blogger itu bukan soal ketenaran saja yang mesti dikejar. Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan agar kamu bisa menjadi seorang blogger yang sukses. Bagaimana mencapainya? pastikan dulu, jangan sampai kamu memiliki ciri-ciri berikut :


Tanda-tanda Kamu Tidak Cocok Jadi Blogger


1. Suka Copy Paste


5 Hal Yang Membuatmu Tidak Cocok Jadi Blogger
Image Source : stocksnap.io

Mungkin terdengar biasa saja, tapi kalau kamu masih sering melakukan cara seperti ini, Lebih baik berhenti saja ngeblog. Memanng cara seperti ini terbilang praktis untuk mengisi konten blog, biar kelihatan lebih berisi. Tapi ini tidak menjamin kualitas blogmu. Percayalah, mungkin pembacamu boleh saja banyak tapi di index pencarian blogmu terancam di-banned cepat atau lambat.

Apa susahnya sih membuat konten yang original hasil pikiranmu sendiri. Biarpun terlihat biasa saja, siapa tahu banyak yang suka dengan gaya atau alur penulisanmu. Percayalah setiap tulisan punya pembacanya masing-masing, jadi jangan sampai berhenti berkarya untuk menjadi seorang blogger.


2. Asal Ambil Konten


5 Hal Yang Membuatmu Tidak Cocok Jadi Blogger
Image Source : stocksnap.io

Ini juga sama parahnya dengan copy paste, kebanyakan blogger biasanya suka ambil konten dari internet tanpa mencantumkan kredit atau sumbernya yang akhirnya diklaim bahwa kontennya adalah asli. Contohnya saja foto, mungkin kamu sudah banyak mendengar kasus-kasus antar dua belah pihak yang menuntut hak cipta.

Sebagai seorang blogger, tentunya kita harus punya etika bukan hanya menulis tapi juga menggunakan media yang lain. Cantumkanlah sumber yang jelas dimana media ini didapatkan meskipun itu ada internet tetap cantumkan. Hal ini sebagai bentuk penghargaan kepada orang yang memiliki media tersebut.

Tapi lebih baik lagi, kalau kamu punya media sendiri untuk blogmu sendiri. Malah yang seperti ini yang akan meningkatkan kualitas dan jati driri blogmu kepada pembaca yang datang.


3. Ngeblog Demi Uang


5 Hal Yang Membuatmu Tidak Cocok Jadi Blogger
Image Source : stocksnap.io

Sebenarnya sih tidak ada salahnya memonetisasi blog, toh siapa sih yang tidak butuh penghasilan tambahan apalagi dari blog yang bisa jadi adalah hobimu dalam menulis. Nah yang salah disini kalau dari awal niatnya ngeblog untuk uang. Tidak sedikit blogger yang mengejar adsense, menghalalkan segala cara untuk menembus adsense termasuk copy paste dan klaim sana-sini.

Sebenarnya ngeblog lebih seru jika tujuannya saling berbagi informasi, melatih skil menulis, dan menambah teman blogger baik dalam komunitas atau personal. Kalaupun nanti blogmu jadi terkenal dan berubah jadi ladang penghasilan, itu adalah bonus dari usahamu. Pokoknya berkarya dulu, berpenghasilan kemudian.


4. Ikut-ikutan Tren


5 Hal Yang Membuatmu Tidak Cocok Jadi Blogger
Image Source : stocksnap.io

Awal dari ngeblog sih biasanya karena kita kagum dengan blog seseorang dan mau mencoba hal yang sama, itu wajar. Tapi apa jadinya kalau ngeblog hanya karena ikutan tren terkini. Tidak sedikit loh, sekarang banyak orang-orang mengaku blogger tapi ditanya tentang blognya malah tidak tahu. Ditanya tentang isi kontennya tidak mengerti.

Nah kalau kamu termasuk blogger angin-anginan seperti ini, sebaiknya ubah haluanmu. Niatmu sudah tepat cuman langkahnya saja yang keliru. Ngeblog itu bukan masalah kekinian atau trending topic semata tapi bagaimana membentuk passion-mu dengan blog dan menjadi blogger professional.


5. Jarang Update Artikel


5 Hal Yang Membuatmu Tidak Cocok Jadi Blogger
Image Source : stocksnap.io

Bagaimana rasanya kalau kamu tinggal di sebuah rumah mewah dan besar tapi suasananya gelap dan sunyi, pasti membosankan kan? Hal ini sama juga dengan blog, kalau bloggernya sudah mulai jarang update postingan pasti pengunjungnya jadi turun. Jadi, sebagai blogger juga harus rutin update artikel.

Tidak perlu banyak-banyak, cukup seminggu sekali posting dan tentunya tulisan asli, pasti pengunjungmu tidak akan pernah bosan datang kerumahmu. Intinya jangan pernah malas atau meninggalkan blogmu. Blogger yang baik adalah blogger yang selalu menghadirkan sesuatu yang baru di blognya.


Akhir Kata


Jika kamu menemukan tanda-tanda di atas dalam kegiatanmu sebagai blogger, ada baiknya kamu berlatih menulis artikel berbeda di blog. Tidak perlu panjang-panjang yang penting isinya bermanfaat. Cobalah sesekali share tulisanmu di media sosial dan jangan lupa untuk melakukan blogwalking di blog teman-temanmu.

Artikel Terkait

Namaku Bimo Aji, seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata ataupun dunia maya.