Thursday, 24 August 2017

7 Tips Bagaimana Menjadi Blogger Profesional

7 Tips Bagaimana Menjadi Blogger Profesional

bimoaji.com - Di zaman serba internet, perkembangan dunia blogging menjadi semakin populer di kalangan warganet. Banyak konten-konten unik dan menarik dapat kita jumpai di berbagai platform blog seperti tren fashion, traveling, culinary, technology, dan masih lagi yang ditulis dengan gaya bahasa eksentrik dari para blogger.

Tapi tahukah kamu, bahwa menjadi blogger itu tidak mudah. Untuk sekedar membuat laman blog dan mengisinya dengan cerita, saya yakin semua orang pasti bisa. Tapi menjaga konsistensi dan eksistensi blog butuh usaha yang sangat besar bagi seorang blogger.

Menjadi blogger bukan hanya sekedar menulis, mengedit foto, lalu mempublikasinnya, lebih daripada itu ada hal lain yang harus diperhatikan hingga disebut sebagai blogger profesional. Buat kamu yang penasaran bagaimana caranya menjadi blogger profesional, simak tips-tips berikut ini :


7 Tips Bagaimana Menjadi Blogger Professional


Tips yang saya tuliskan di sini adalah pengalaman pribadi selama menjadi blogger sejak tahun 2014. Saya tidak mengatakan bahwa saya adalah blogger profesional dengan hal-hal yang keren, tapi saya hanya ingin berbagi bahwa profesional yang saya paparkan adalah tentang blogger attitude.


1. Tentukan Tema Blogmu


7 Tips Bagaimana Menjadi Blogger Profesional
Image Source : instagram.com

Apapun platform yang kamu pakai saat ini entah itu blogspot, wordpress, tumblr atau lainnya, hal yang paling penting dalam membangun sebuah blog adalah temanya. Coba pikirkan tema apa yang kamu minati untuk dibaca oleh pengunjungmu. Traveling, Culinary, Culture, Technology atau lainnya, pilih salah satunya.

Setelah terpilih, fokuslah mengembangkan ide tulisanmu. Lebih baik lagi jika kamu menspesifikan pada satu target pembaca saja, agar setiap postingan yang kamu buat dapat kena tepat sasaran. Sebisa mungkin hindarilah tema yang campur aduk atau istilah 'gado-gado'. Mulailah membangun blogmu dengan kreativitas.


2. Blogmu Identitasmu


7 Tips Bagaimana Menjadi Blogger Profesional
Image Source : stocksnap.io

Usahakan buatlah nama blog yang seunik mungkin hingga membuat orang yang membacanya jadi penasaran dan tertarik untuk membuka blogmu. Kalau kamu susah mendapatkan ide nama unik, cobalah selipkan namamu di alamat blog. Semakin unik alamat domain biasanya cepat meningkatkan trafik pengunjung blog. Nama blog juga adalah branding untuk blogger sendiri.


3. Rutin Menulis Artikel


7 Tips Bagaimana Menjadi Blogger Profesional
Image Source : stocksnap.io

Konten adalah raja, itulah hal yang harus diperhatikan oleh blogger. Dan sebaik-baiknya konten adalah yang ditulis secara berkala. Lebih baik menulis seminggu sekali daripada menulis 10 artikel tapi 1 atau 2 bulan langsung vakum menulis. Kamu tidak mau kan trafik pengunjungmu turun dan pembacamu beralih ke blog lain.

Baca Juga : 5 Hal Yang Membuatmu Tidak Cocok Jadi Blogger


4. Bagikan Ke Media Sosial


7 Tips Bagaimana Menjadi Blogger Profesional
Image Source : pexels.com

Link media sosial memang memerankan peranan penting bagi kemajuan seorang blogger. tidak hanya sebagai media berbagi informasi tapi juga sebagai media interaksi antara blogger dan pembacanya sehingga bisa menarik pengunjung dari mana saja. Jadi jangan lupa untuk terus aktif di media sosial untuk memperkenalkan blogmu.


5. Rajin Blogwalking


7 Tips Bagaimana Menjadi Blogger Profesional
Image Source : pexels.com

Kalau kamu suka nulis, maka sekedar menulis saja tak akan bisa membuat blog-mu terkenal. Kamu juga wajib rajin untuk mencari komunitas blogger, kemudian mengunjungi blog-blog mereka. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar, karena melalui komentar kamu juga bisa menyelipkan alamat websitemu yang bisa dikunjungi balik oleh blogger lainnya.


6. Jaga Kejujuran


7 Tips Bagaimana Menjadi Blogger Profesional
Image Source : stocksnap.io

Tidak sedikit kegiatan ngeblog menjadi ladang bisnis endorsement yang besar. Melalui review bisa membuat yang membaca jadi lebih tahu tentang produk terbaru. Jika kamu merupakan salah satunya maka hindari untuk berkata bohong. Jika memang kamu tak suka dengan produknya, maka katakan dengan jujur. Hal ini tentunya juga untuk menjaga reputasi blog-mu di mata pembaca setiamu.


7. Ciptakan Gayamu


7 Tips Bagaimana Menjadi Blogger Profesional
Image Source : pexels.com

Jika kamu senang menulis dengan bahasa formal maka tetaplah berbahasa formal seperti keinginanmu, begitu juga sebaliknya. Hindari untuk mengubah-ubah gaya berceritamu, misalnya dari formal mendadak santai, kemudian kembali ke formal lagi. Ciptakanlah sebuah gaya tulisan yang dimiliki hanya oleh dirimu sendiri, agar pembaca pun bisa tahu bagaimana ciri khasmu saat menulis.


Akhir Kata


Menjadi seorang blogger haruslah dari hati, bukan dengan tujuan semata-mata hanya untuk mencari uang atau ikut tren saja. Karena kalau kamu tidak memiliki hati atau kesenangan untuk menulis, maka menjadi seorang blogger akan terasa berat. Jadi, pastikan bahwa ini merupakan hobimu sebelum memutuskan untuk terjun jadi blogger. Keep it up!

Artikel Terkait

Namaku Bimo Aji, seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata ataupun dunia maya.