Senin, 17 Juli 2017

Budaya Unik Vietnam Yang Mengesankan dan Tak Terlupakan

Liburan Di Vietnam Yang Mengesankan dan Tak Terlupakan

Beberapa tahun belakangan, destinasi wisata Vietnam semakin marak. Banyak yang penasaran dengan keindahan alam dan budaya di Vietnam. Ditambah dengan biaya perjalanan ke sana yang relatif lebih murah daripada ke negara-negara Asia Tenggara yang lain. Liburan ke Vietnam pun kerap masuk dalam tujuan liburan terbaru wisatawan Indonesia.

Sebelum menginjakkan kaki di sana, ada baiknya untuk mempelajari budayanya dulu. Masyarakat Vietnam memiliki beberapa kesamaan dengan budaya Indonesia. Namun ada juga hal unik lain yang hanya akan kamu temukan di sana saja. Apa itu? Simak di sini yuk.


Pakai Piyama ke Mana-Mana


Liburan Di Vietnam Yang Mengesankan dan Tak Terlupakan
Image Source : highlux.co.nz

Bagi masyarakat Indonesia, piyama adalah baju yang hanya dipakai ketika tidur dan berada di dalam rumah saja. Tapi tidak demikian dengan masyarakat Vietnam, baik pria maupun wanita sama-sama suka memakai piyama ke manapun mereka pergi. Baik itu ke acara resmi atau sekedar nongkrong, kebiasaan memakai piyama sudah mendarah daging di sana.

Baca juga : Melihat Keanggunan Enrekang dari Ketinggian


Makan Kuliner Ekstrem


Liburan Di Vietnam Yang Mengesankan dan Tak Terlupakan
Image Source : highrated.net

Mau mencicipi arak ular kobra atau ulat sutra yang digoreng? Ada kok di Vietnam. Selain itu juga, ada banyak kuliner ekstrem lainnya yang tidak akan kamu temukan di Indonesia. Berani mencicip atau tidak, kuliner-kuliner ini wajib dilihat ketika di Vietnam. Lihat saja tak masalah, setidaknya punya bahan cerita soal makanan-makanan unik di Vietnam. Tapi kalau punya nyali, boleh lah mencicip satu atau dua kuliner yang unik di sana.


Punya Dua Nama


Liburan Di Vietnam Yang Mengesankan dan Tak Terlupakan
Image Source : unsplash.com

Hampir semua warga Vietnam, terutama yang kerap berhubungan dengan warga asing memiliki dua nama. Satu nama asli, dan yang kedua adalah nama panggilan. Bedanya dengan Indonesia, nama panggilan di sini biasanya tak jauh beda dengan nama asli. Tapi di Vietnam bisa jauh berbeda dan tujuan mereka membuat nama kedua adalah agar wisatawan tidak sulit mengucapkan nama mereka. Tak banyak orang luar Vietnam bisa mengeja nama warga lokal dengan baik dan benar. Daripada membuat wisatawan bingung, hampirsemua guide membuat nama kedua yang mudah seperti Thomas, Simon, Peter dan lain sebagainya.


Pasar Jodoh


Liburan Di Vietnam Yang Mengesankan dan Tak Terlupakan
Image Source : buffalotrip.com

Kamu yang masih jomblo dan susah cari pacar, mungkin perlu liburan ke Vietnam karena di sana ada tradisi pasar jodoh. Tradisi ini dilakukan oleh satu suku di Vietnam yang menggelar pasar jodoh setiap tahun. Acaranya sendiri berlangsung dengan cara memajang puluhan gadis yang masih single, lalu mereka dipilih para pria perjaka untuk dijadikan jodohnya. Menarik bukan?


Kursi Jadi Meja


Liburan Di Vietnam Yang Mengesankan dan Tak Terlupakan
Image Source : theprovince.com

Kebiasaan ini juga banyak dijumpai di Indonesia, meski tidak di semua kota ada. Tapi kalau di Vietnam, hampir semua warung pinggir jalan menggunakan kursi sebagai meja makan. Pemandangan orang makan duduk di pinggir jalan yang menikmati santapan mereka di atas kursi pun sudah jadi hal lumrah di Vietnam.

Selain itu, Vietnam juga memiliki banyak kuliner yang khas dan juga menarik. Meski di sana lalu lintas sangat semrawut, sama ruwetnya dengan kabel yang bersliweran di semua sudut kota, Vietnam adalah Negara yang menarik untuk dikunjungi.

Terbanglah ke sana dengan Vietnam Airlines dan kamu akan merasakan keramahan asli Vietnam sejak berada di dalam pesawat. Untuk dapat promo terbaik, cek harga tiket Vietnam Airlines di Traveloka yang menyediakan banyak rute dari dan menuju Vietnam.

Tidak hanya punya banyak promo, Vietnam Airlines yang menjadi kebanggaan masyarakat Vietnam juga punya banyak pilihan jadwal terbang. Pergilah di momen musim panas atau semi untuk mendapatkan liburan yang terbaik di Vietnam.

Artikel Terkait

Namaku Bimo Aji, seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata ataupun dunia maya.