Saturday, 17 June 2017

Kelas Menulis Komunitas Blogger Makassar

Komunitas Blogger Makassar Dan Reputasi Dunia Blognya

bimoaji.com - Komunitas adalah tempat dimana seseorang berbaur dengan kelompok yang mempunyai ketertarikan yang sama terhadap hal yang disukainya. Sama halnya dengan kami, orang-orang yang suka dan hobi menulis di blog akhirnya berkumpul dalam sebuah wadah bernama Komunitas Blogger Makassar Anging Mammiri.

Berbicara tentang blog, semua orang pasti sudah tahu bahwa blog adalah sebuah aplikasi web yang didalamnya berisi ide ataupun tulisan dari pemilik blog yang disebut sebagai blogger. Secara sederhana, blog bisa dikatakan sebagai diari digital dimana kamu bisa menulis dan memposting tulisanmu secara luas di internet.

Di Makassar sendiri, ada sebuah komunitas blogger bernama Anging Mammiri yang sudah berdiri sejak tahun 2006. Kini, anggotanya sudah mencapai ribuan yang tentunya dari latar belakang yang bermacam-macam dan untuk yang masih aktif dan rutin ngeblog sekitar 200+ orang. Saya sendiri baru bergabung di tahun 2014 yang saat itu adalah awal saya terjun ke dunia ngeblog.

Selama bergabung dengan komunitas blogger Makassar, sudah banyak kegiatan-kegatan inspiratif yang saya ikuti. Jika umumnya komunitas blogger selalu adakan diskusi kopdar, lain halnya dengan kami yang tidak hanya kopdar tapi juga sering adakan latihan kepenulisan di sekolah, traveling, dan jajan.

Bicara tentang kegiatan menulis blog, saat ini Anging Mammiri mempunyai 3 kelas untuk melatih siapa saja yang ingin mengembangkan lagi kemampuan menulisnya. Semua kelas disini bersifat gratis dan siapapun boleh bergabung didalamnya. Jadi buat kamu yang penasaran seperti apa kelasnya, mari simak hal berikut :


Kelas Menulis Blogger Makassar


1. Kelas Menulis Anging Mammiri


Komunitas Blogger Makassar Dan Reputasi Dunia Blog

Pertama, tentunya disi oleh komunitas blogger Makassar sendiri. Melalui program Anging Mammiri Goes To School, Komunitas Blogger Makassar menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Makassar untu berbagi ilmu tentang kepenulisan kepada para siswa yang hobi menulis dan tentunya ingin menumbuhkan kembali semangat menulis dalam blog.

Pemateri yang dihadirkan tentunya para anggota Anging Mammiri yang sudah sangat berpengalama. Disini para siswa diajarkan bagaimana memulai blog, membuat tulisan dengan gaya mereka sendiri dan membagikan tulisan. Tujuan latihan kepenulisan ini adalahuntuk lebih  mengenalkan tentang dunia blog dan esensi menulis sesuai dengan passion para siswa.

Tidak hanya di sekolah, pelatihan kepenulisan juga kadang dilakukan diluar ruangan semisal kopdar dan diskusi langsung antara kakak-kakak blogger dan adik-adik dari sekolah. Hingga sekarang sudah ada 3 sekolah yang selalu mengundang dan menjalin kerjasama dengan Anging Mammiri untuk memberi latihan kepenenulisan yang diantaranya yaitu, SMK Komputer Mutiara Ilmu Makassar, SLB YAPTI Makassar, dan SMP Telkom Makassar.


2. Kelas Menulis Kepo


Komunitas Blogger Makassar Dan Reputasi Dunia Blog

Jika sebelumnya diperuntukkan untuk siswa-siswi sekolah, kali ini ada Kelas Menulis Kepo yang lebih diperuntukkan bagi blogger-blogger dewasa yang ingin mengasah kemampuan menulisnya melalui kelas yang intensif dan serius. Kelas Menulis Kepo sendiri didirikan pada tahun 2015 dan sekarang sudah memiliki 4 angkatan.

Kelas Kepo sendiripun dibuka untuk siapa saja tanpa memandang umur ataupun profesi. Dalam proses belajarnya pun, peserta boleh bebas memilih tempat dimana saja dirasa membuat mereka nyaman. Selain itu, sesekali juga peserta akan diajak untuk turun lapangan sekaligus jalan-jalan untuk membuat tulisan on the spot ataupun review.

Tapi untuk menjadi peserta didalam Kelas Menulis Kepo, kamu harus lulus seleksi dari panitia karena hanya orang-orang yang bersungguh-sungguh belajar yang dapat lulus. Setiap angkatan terdiri dari 25 orang dengan durasi belajar selama 3 bulan secara intensif dimana tiap akhir pekan selalu ada pemberian materi baru dan tugas menulis.

Bagaimana, apa kamu tertantang untuk ikut kelas ini? Dijamin kamu tidak akan rugi, bukan hanya belajar, tapi kamu akan mendapatkan pengalaman dan teman-teman baru selama belajar. Apalagi kelas ini diajarkan langsung dari ahlinya yang sudah malang melintang di dunia kepenulisan profesional. Dan tentunya kelas ini gratis tanpa dipungut biaya apapun.


3. Makkunrai Anging Mammiri (MAM)



Dalam bahasa bugis, Makkunrai diartikan sebagai seorang perempuan. Nah jika dilihat dari namanya saja pasti sudah tahukan. Kelas ini adalah kelas menulis khusus bagi perempuan-perempuan Makassar yang suka ngeblog. MAM sendiri berdiri di akhir tahun 2015 dan sekarang sudah memiliki lebih dari 50 anggota yang terdiri dari mahasiswi hingga ibu rumah tangga.

Sistem belajar MAM sendiri tidak jauh beda dengan Kelas Menulis Kepo tapi yang menjadi pembedanya adalah di kelas MAM ini, tidak hanya diajarkan materi tentang kepenulisan, tapi juga dilatih dalam hal videografi, infografis, presentasi, dan podcast serta dasar-dasar blog bagi perempuan yang masih awam tentang dunia blog.

Untuk kelasnya sendiri, dilaksanakan bebas dimana saja tentunya dengan suasana yang santai dan menyenangkan dalam belajar. Sedangkan narasumber pelatihannya, biasanya didatangkan langsung dari ahlinya atau dari peserta lainnya yang ingin berbagi ilmunya dengan peserta lain. Pokoknya semua hal yang seru bakal kamu dapatkan di kelas MAM, tapi hanya khusus perempuan saja.

Khusus kelas MAM sendiri, biasanya tiap bulan pasti ada undangan dari beberapa brand ternama baik lokal maupun nasional kepada para anggota MAM untuk menghadiri launching atau memberikan review terhadap produk barunya yang akan dipasarkan.


Akhir Kata


Itulah 3 kelas menulis yang sekarang sedang dijalankan oleh Komunitas Blogger Makassar. Ketiga kelas ini memiliki fokus masing-masing tapi inti dari semuanya adalah bagaimana mengajarkan tentang kepenulisan bagi siapa saja yang ingin belajar bersama dan mengembalikan lagi semangat blogger kepada semua orang.

Jadi, apa kamu tertarik mengikuti salah satu dari ketiga kelas diatas? Kalau iya, siapa tahu kita bisa berjumpa disana. Jangan lupa untuk terus mengasah kemampuan menulismu dan keep blogging.

Artikel Terkait

Namaku Bimo Aji, seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata ataupun dunia maya.