Rabu, 12 April 2017

Saatnya Foto Berbicara Di Jambore Fotografi 2017

Ramaikan Serunya Festival Jambore Fotografi 2017 Makassar

bimoaji.com - Pagi cerah di jumat kemarin saya mendapat undangan dari Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar untuk menghadiri sebuah event tahunan yaitu Jambore Fotografi yang akan dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu (8-9 April 2017). Ini adalah pertama kali buat saya karena dapat bergabung dan mengikuti serangkaian kegiatan para fotografi professional.

Kegiatan Jambore Fotografi adalah acara tahunan dari komunitas fotografi sulawesi selatan bekerjama sama dengan Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar yang berdiri sejak tahun 2009, sempat vakum dari 2011-2014, dan hingga sekarang sudah masuk dalam edisi yang ke-6 yang dilaksanakan di Benteng Somba Opu.

Pada jambore kali ini setidaknya diikuti oleh 500+ peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Bogor, Jakarta, Solo, serta Sulawesi Barat. Tidak hanya itu ternyata ada juga peserta dari Singapura yang ikut berpatisipasi. Selain itu, acara ini juga meriah karena kedatangan bintang tamu model dari Brazil bernama Amanda Da Silva.

Karena kegiatan terdiri dari dalam dua hari maka fokus kegiatan di hari pertama adalah Opening Ceremony, Foto Budaya, Talk Show 1, dan Photo-Rally serta dan di hari kedua adalah Talk Show 2 dan berburu foto model bersama 30 model asli Makassar dan spesial model yaitu Amanda Da Silva. Bagi saya sendiri ikut kegiatan merupakan kesempatan belajar tentang dunia fotografi, maklum karena benar-benar awam tentang kamera dengan perlengkapannya. Walaupun cuman berbekal kamera samrtphone saja, setidaknya biarkan foto ini yang berbicara


Acara pertama dibuka oleh MC cantik yang mengenakan baju adat Makassar yaitu Baju Bodo, Kecantikannya membuat seisi ruangnya langsung ramai. 


Serunya Festival Jambore Fotografi 2017 Makassar


Pembukaan acara dimulai dengan pementasan Tari Pattenung dari Sulawesi Selatan yang dibawakan secara meriah oleh sahabat sanggar tari Makassar.


Serunya Festival Jambore Fotografi 2017 Makassar


Lomba Foto Budaya, semua peserta berlomba mendapatkan angle terbaik untuk memotret para penari Tarian Adat Toraja


Serunya Festival Jambore Fotografi 2017 Makassar


Tidak ketinggalan pula, Kak Geta memberikan Talkshow tentang bagaimana memulai menekuni Food Photography dan Interior Photography.


Serunya Festival Jambore Fotografi 2017 Makassar


Inilah The Big Contest, Photo-Rally merupakan ajang hunting foto individual yang diikuti oleh lebih dari 500 peserta fotografri profesional.


Serunya Festival Jambore Fotografi 2017 Makassar


Menjelang Sore, semua peserta kembali berlomba mengambil shoot untuk lomba foto budaya dengan tema pakaian tradisional Toraja.


Serunya Festival Jambore Fotografi 2017 Makassar


Role Model, Amanda Da Silva, Asal Brazil ikut hadir untuk memeriahkan acara Festival Jambore Fotografi yang berlangsung di Benteng Somba Opu.


Serunya Festival Jambore Fotografi 2017 Makassar


Untuk melepas penat, para peserta diperbolehkan mendirikan tenda-tenda kemah di halaman depan Baruga Somba Opu.



Akhirnya selama festival berlangsung terdapat 5 orang yang juara, semuanya memiliki foto-foto yang bagus dan keren. Tak salah selain sebagai ajang lomba, festival ini juga menjadi wadah dimana para fotografer bisa saling berbagi ilmu baru kepada peserta lainnya. Semoga saja kedepannya, acaranya ini akan terus berlanjut dan semakin menjadi besar seiring perkembangan jaman yang menuntut fotografer menjadi seorang proseional yang handal.

Artikel Terkait

Saya adalah Bimo Aji, seorang freelance yang hobi wara-wiri di dunia nyata dan dunia maya