Friday, 21 April 2017

Hamburger Spesial Ala The Eatery Makassar

Hamburger Spesial Khas Makanan Tradisional Indonesia

bimoaji.com - Hamburger adalah makanan cepat saji yang berasal dari eropa tepatnya dari sebuah kota kecil di Jerman yaitu Hamburg. Pada umumnya hamburger ini terdiri dari dualapis roti yang berisi sayuran seperti selada, tomat, mentimun dan sepotong patty atau daging. Biasanya seporsihamburger disajikan dengan saos dan mayonaise yang akan menambah cita rasanya.

Minggu kemarin, saya mendapat ajakan dari seorang teman untuk makan siang bersama di salah satu resto sebuah hotel ternama di Makassar, Four Point Hotel by Sheraton. Saya diminta untuk mencoba menu baru restoran The Eatery yaitu hamburger. Berhubung hari itu saya sedang tidak ada kesibukan, akhirnya saya pergi kesana .

Siang harinya akhirnya saya tiba dan langsung bertemu dengan Kak Widya sebagai kepala restauran. Sebelum hidangan dihidangkan Kak Widya sedikit bercerita tentang menu yang akan dihidangkan nanti. Ternyata Burger yang dimaksud adalah sebuah menu spesial khas The Eatery. Burger ini memiliki 3 varian rasa berbeda yaitu burger dengan daging sapi konro, daging ayam taliwang, dan daging ikan jambiran.

Sepintas dipikiranku, kok dagingnya pakai menu masakan tradisional? kan umumnya patty dalam burger hanya daging sapi dan daging ayam saja. Di tengah kebingungan dan rasa penasaran, akhirnya burger yang ditunggu akhirnya tiba dan diantar langsung oleh Chef Kemal, Directur of Culinary Four Points Makassar.

Menurut Chef Kemal, The Eatery menawarkan menu burger spesial yang menggabungkan burger khas barat dengan masakan tradisional. Menu ini hadir untuk menciptakan pesan bahwa masakan tradisional pun bisa bersaing dengan menu luar negeri. Yang membedakan burger ini dengan burger lainnya adalah pada patty-nya yang menggunakan daging khas makanan Indonesia. Tanpa perlu berlama-lama saatnya kita makan.


Hamburger Spesial Di Four Points Hotel


1. Burger Konro


Hamburger Spesial Khas Makanan Tradisional Indonesia

Sajian pertama dimulai dengan burger konro. Menurut Kak Widya, burger ini merupakan makanan paling laris. Selain karena daging kenyal tanpa tulangnya, juga karena namanya yang begitu familiar di telinga orang Makasar dan pecinta kuliner nusantara. Selain daging yang menggugah selera, ternyata terdapat saos kacang yang merupakan bumbu khas konro.

Jika kita berbicara konro, sebagian orang mungkin berpikir tentang daging yang dapat menimbulkan kolesterol tinggi. Tapi kenapa di The Eatery menjadi makanan paling laris? Jawabannya karena sentuhan tangan dingin Chef Kemal, daging konro ini dimodifikasi menjadi lebih lembut dan kenyal dengan kandungan lemak yang rendah.

Jika di gigit, rasa dagingnya seakan menyebar ke seluruh rongga mulut karena struktur yang halus. Apalagi jika dipadukan dengan saos kacang yang pedas, mayonaise yang manis dan roti punch yang gurih menjadikan burger ini semakin lezat.


2. Burger Taliwang


Hamburger Spesial Khas Makanan Tradisional Indonesia

Selanjutnya ada burger dengan daging ayam taliwang khas Lombok. Burger ini memiliki patty daging ayam yang super lezat dengan struktur yang empuk sehingga mudah diiris. Aroma daging ayam yang dipanggang dengan paduan bumbu terasi semakin menambah cita rasanya.

Hal unik selanjutnya dari burger taliwang ini adalah terdapat ada isiannya. Jika umumnya burger diisi dengan sayuran segar, berbeda dengan dengan burger taliwang yang diisi dengan tumis kangkung serta bumbu terasi. Sebagai tambahan, terdapat saos barbeque pedas manis dan juga rempeyek kacang yang akan menambah kelezetan rasanya.


3. Burger Jimbaran


Hamburger Spesial Khas Makanan Tradisional Indonesia

Untuk finalnya, saya memang sengaja memilih burger jimbaran sebagai makanan terakhir. Tidak lain karena ini merupakan burger dengan daging ikan jimbaran. Ini adalah kali pertama saya mendapatkan patty burger dari daging ikan. Daging yang digunakan sendiri adalah daging dari ikan Jimbaran atau ikan patin khas dari Bali.

Daging ikan yang lunak dengan bumbu khas balimenjadikan burger ini semakin spesial apalagi ditambah dengan saos mayonaise dan barbeque semakin menambah dahsyatnya burger ini. Hal yang menjadi perhatian saya adalah sambal matah khas bali yang super pedas. Pokoknya burger ini super lezat dibanding lainnya.

Menurut penilaian saya dari ketiga burger diatas, semuanya terasa enak dan memiliki ciri khasnya masing-masing. Tapi dari segi kemantapan rasa, saya lebih suka burger konro. Mungkin karena saya terbiasa dengan makanan daging jadi saya lebihterkesan dengan hidangan konro yang dijadikan patty burger.

Kalau kamu penasaran juga dengan rasannya, silahkan datang ke the Eatery di Hotel Four Points Makassar. Dijamin kamu akan ketagihan dengan burgernya. Untuk harganya cukup terjangkau yaitu Rp.65.000 per porsinya untuk semua jenis burger.

Artikel Terkait

Namaku Bimo Aji, seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata ataupun dunia maya.