Monday, 6 March 2017

Revolusi Mental dan Jiwa Ngeblog Bimo Aji

Revolusi Blogging Pada Postingan Blog Bimoaji


bimoaji.com - Halo sobat semua, jumpa lagi dengan saya dan blog yang jarang update ini. Tidak terasa sudah 1 tahun lebih saya tidak mengurus blog ini. Keadaannya pun sangat kotor disana-disini. Jangankan mengurus blog, saya pun sudah jarang bersentuhan lagi dengan sosial media. Hingga saya merasa seperti Mr. Mistomorrow alias kurang update.

Kalau saya mau beralasan sepertinya tidak usah saja, karena pada dasarnya saya memang malas update blog ataupun sosial media. Hingga akhirnya, diawal tahun 2017, saya mendapat teguran bagai tersambar petir di siang hari ketika ada seorang teman yang mengatakan seperti ini.

"Ngakunya blogger, kok jarang ngepost sih. Padahal kalau pas jalan-jalan selalu banggain pakai kaos bloggernya"

Mendengar itu rasanya perih sekali. Yah ada benarnya juga sih, setiap saya keluar jalan-jalan ke tempat wisata biasanya saya mengenakan baju blogger sebagai identitas kalau saya adalah travel blogger sejati. Dengan bangga, biasanya saya memarkan baju itu dan bercerita bagaimana rasanya menjadi seorang travel blogger.

Tapi lambat laun, kebiasaanku itu akhirnya runtuh juga ketika temanku yang dengan gamblangnya ngomong seperti itu. Kalau dipiki-pikir kembali ada benarnya juga sih, kenapa bangga jadi blogger kalau ngepost saja jarang. Akhirnya saya pun merenungkan kembali tentang apa yang teman saya katakan waktu itu.

Di awal bulan maret ini pun, saya akhirnya kembali membuka blog dan sedikit ngutak-ngatik postingan. Buka sana-sini malah bingung sendiri jadinya. Mau nulis ini takut tulisannya jelek padahal cuman ngetik doang. Mau ganti template tapi sudah lupa cara-cara ngedit coding-nya. Akhirnya saya malah bosan sendiri didepan laptop.

Sampai akhirnya saya pun memutuskan sesuatu untuk blog ini. Mungkin terdengar gila dan frontal tapi saya ingin sebuah revolusi untuk blog ini. Jujur saja, mungkin untuk kamu yang sudah tahu blog ini ataupun sempat membaca postingan-postingan yang dulu, saya ingin mengatakan dulu saya ngeblog hanya berdasarkan copas artikel lain kemudian diedit terus di publish ulang.

Sebagian besar postingan adalah hasil copas-an dan hanya beberapa karya sendiri yang original. Mungkin itulah yang membuat semangat ngeblog saya naik turun. Sekarang, saya pun akhirnya membulatkan tekad untuk merevolusi blog ini menjadi lebih baik lagi. Langkah-langkah ini dimulai dari :


1. Tampilan Blog


Langkah pertama saya adalah dengan merubah total tampilan blog. Jika dulu saya selalu pakai template blog yang ramai. Mulai sekarang saya mengubahnya menjadi tampilan yang sederhana dan seminimalis mungkin. Menurut para blogger mastah, tampilan blog mencerminkan sifat pemilik rumahnya. Dari berbagai macam template, akhirnya saya memilih template bernuansa putih-biru .


2. Konten Blog Terbaru


Sebagai bentuk revolusi terbaru, saya memutuskan untuk mengembalikan semua tulisan lama saya kedalam folder draft. Jadi mulai sekarang saya memutuskan untuk menulis ulang postingan blog benar-benar berasal ide sendiri. Saya ingin apa yang saya tulis bisa menjadi inspirasi bukan hanya sekedar postingan lewat saja.


3. Update Rutin


Dan untuk tahap akhirnya, saya ingin menantang diri saya sendiri untuk memposting tulisan secara berkala. Saya tidak ingin hanya memposting hanya karena pas ada momen saja. Saya dulu pernah diajarkan salah seorang teman blogger bahwa blog yang baik itu adalah blog yang tidak lupa meng-update tulisannya.


4. Blogwalking


Ini mungkin hanyalah hal sepele, tapi saya rasa sangatlah berguna. Sebagai blogger saya kemarin merasa hampa karena tidak menjalin silaturahmi ke sesama blogger. Dan saya merasa makin kesini bahwa blogger itu tidak akan di tahu jika tidak saling mengunjungi satu sama lain.

Itulah beberapa revolusi blog saya. Jadi mungkin teman-teman tidak akan lagi melihat postingan lama saya karena saya sudah memindahkannya ke draft dan mulai sekarang saya ingin kembali ke jalur blogger yang produktif lagi. Saya berharap diawal tahun ini saya bisa menjalin silaturahmi dengan kalian semua para blogger.

Artikel Terkait

Namaku Bimo Aji, seorang travel blogger yang hobi wara-wiri di dunia nyata ataupun dunia maya.

Oldest Page